Hastag Campus

8 Jurusan Kuliah Ini Cocok buat Kamu yang Kurang Suka Ilmu Hitung

Sejak di bangku SMA, siswa sudah dihadapkan dengan dua pilihan jurusan yaitu IPA dan IPS. IPA identik dengan banyak hitung-hitungan, sementara IPS penuh hafalan. Nah, buat yang kurang suka ilmu hitung dan banyak rumus, di bawah ini ada rekomendasi sepuluh jurusan kuliah buatmu.

1. Seni
Dari ranah sosial dan humaniora, Fakultas Seni terbilang ramai peminatnya. Ada banyak pilihan program studi di fakultas ini, mulai dari Seni Rupa Murni, Seni Tari, Seni Musik, dan lain-lain.

Dilihat dari namanya saja sudah jelas, jurusan kuliah yang satu ini gak mewajibkan mahasiswanya belajar hitung-hitungan dan menghadapi banyak rumus. Ada hitungan sih, tapi berupa ketukan nada atau hitungan gerakan tari.

2. Desain
Masih berbau seni, program studi yang berkaitan dengan desain juga sedang banyak diminati dalam beberapa tahun terakhir. Pilihannya banyak, ada Desain Komunikasi Visual hingga Desain Interior.

Masuk ke jurusan desain memang gak sepenuhnya membebaskanmu dari kegiatan berhitung. Kamu tetap butuh menghitung dan memperkirakan obyek yang akan didesain. Tapi tenang, gak akan ketemu rumus rumit yang menggabungkan angka dan simbol.

Baca juga: 6 Kesalahan Umum Saat Belajar, Akhirnya Cuma Bikin Capek Doang!

3. Hubungan Internasional
Salah besar jika kamu menganggap Hubungan Internasional adalah prodi yang akan mencetak diplomat saja dan tempat belajar banyak bahasa asing. Sesuai namanya, program studi ini membahas tentang interaksi antar negara dalam sistem global.

Ilmu yang dipelajari di Hubungan Internasional ada banyak lho, mulai dari Hukum, Sejarah, Ekonomi, Politik, bahkan sampai Psikologi. Meski demikian beberapa Universitas dengan jurusan Hubungan Internasional memiliki mata kuliah statistika.

4. Bahasa dan Sastra
Di jurusan kuliah yang satu ini jelas gak akan ada rumus hitungan rumit sama sekali. Program studi Bahasa dan Sastra cocok buat kamu yang tertarik dengan dunia literasi.

Tapi bukan cuma soal membaca dan menulis saja ya, Bahasa dan Sastra juga memberi wawasan tentang kebudayaan.

5. Pendidikan Bahasa
Gak beda jauh dengan Bahasa dan Sastra, alternatif jurusan kuliah lainnya yang minim hitung-hitungan adalah Pendidikan Bahasa. Program studi ini diutamakan untuk calon mahasiswa yang selepas lulus nanti ingin menjadi tenaga pengajar di bidang bahasa.

Baca juga: 5 Kampus di AS yang Menyediakan Program Bahasa Inggris Secara Gratis!

6. Kriminologi
Masih berkaitan dengan hukum, ada program studi Kriminologi yang tergolong langka di Indonesia. Hanya ada beberapa kampus yang membuka jurusan ini, salah satunya adalah Universitas Indonesia.

Jurusan ini gak ada ilmu hitung-hitungan yang rumit, kok. Kriminologi mempelajari tentang pola kejahatan atau tindakan kriminal secara lebih mendalam. Dipelajari juga soal latar belakang pelaku, motif tindakannya, hingga dampak pada korban.

7. Filsafat
Program studi Filsafat sering dibilang sebagai tempat kuliahnya para pemikir. Gak salah sih, karena mahasiswa Filsafat memang dituntut mampu berpikir kritis melihat pola kehidupan manusia, terutama dari segi sosial dan budaya.

Sudah sangat jelas, kan gak perlu jago matematika atau hitung-hitungan jika ingin mengambil program studi ini.

8. Ilmu Sejarah
Terakhir, Ilmu Sejarah juga bisa masuk daftar referensi program studi buat kamu yang kurang minat dengan ilmu hitung. Jurusan kuliah ini lebih membutuhkan kemampuan membaca, menganalisa, dan menulis ketimbang matematika.

Dari sepuluh rekomendasi program studi minim hitung-hitungan di atas, ada yang membuatmu tertarik?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star