Hastag Campus

Ini 5 Keutungan Beasiswa Türkiye Bursları Selama Kuliah

Türkiye Bursları adalah beasiswa full dari Pemerintah Turki untuk pelajar asing yang berminat melanjutkan studi S1, S2 dan S3 di Turki. Meskipun beasiswa ini bukanlah satu-satunya beasiswa kuliah di Turki, tapi mayoritas dari mahasiswa asing di Turki menggunakan beasiswa ini.

Nah, apa saja sih keuntungan yang bakal kamu dapat dari beasiswa ini? Yuk, cek satu-satu!

1. Uang saku bulanan
Jumlah uang saku untuk mahasiswa program S1, S2, dan S3 berbeda. Untuk saat ini, jumlah uang saku bulanan untuk mahasiswa-mahasiswi program S1 sebesar 600 TL, S2 sebesar 850 TL, S3 sebesar 1200 TL. Uang saku ini cuma untuk kebutuhan pribadi ya, seperti perlengkapan mandi, mantel musim dingin, jajan, transportasi dan lainnya karena tempat tinggal dan makanan sudah di-cover dalam akomodasi.

Baca juga: Mau Beasiswa S2 ke Luar Negeri? 8 Hal Ini Bisa Disiapkan Sejak Kamu S1

2. Akomodasi
Penerima beasiswa ini akan mendapatkan fasilitas asrama pemerintah yang meliputi kasur, lemari pribadi, meja, kursi dan kulkas. Untuk kamar mandi, sebagian asrama punya kamar mandi dalam, sebagiannya lagi tidak.

But, don’t worry! Asrama putra dan asrama putri dipisah, kok. Untuk sarapan, tiap pagi kamu bisa ambil makanan seharga 3 TL. Jadi, sistemnya, kalau kamu ambil makanan lebih dari itu, kamu harus bayar sisanya. Sedangkan kalau makan malam, kamu punya jatah makanan sebesar 6 TL.

3. Biaya kuliah dan persiapan bahasa
Kamu cuma perlu bayar untuk kebutuhan pribadi seperti buku, alat tulis, kamus, dan perlengkapan belajar lainnya dengan menggunakan uang saku bulanan. Yapp, biaya kuliah dan persiapan bahasamu gratis.

Baca juga: Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Lakukan Saat Gagal Dapat Beasiswa

4. Asuransi Kesehatan
Asuransi kesehatan yang kamu dapatkan sudah bekerja sama dengan dinas kesehatan pemerintah. Jatah uang saku bulanan yang diberikan beasiswa Turki beda-beda, ya. Tergantung dari tingkat atau jenjang pendidikan.

5. Transportasi PP Indonesia-Turki pakai Turkish Airlines
Beasiswa ini mencakup tiket pesawat keberangkatan pertama ke Turki dan tiket pesawat pulang ke Indonesia setelah lulus. Kalau kamu ingin pulang ke Indonesia saat liburan musim dingin atau musim panas, bisa juga lho. Tapi, kamu menggunakan biaya sendiri. Kamu bisa kok menabung dari uang beasiswa.

Oh ya, kalau kamu masih bingung soal mencuci pakaian gimana di asrama pada poin kedua di atas, maka perlu kamu ketahui bahwa sudah ada petugas yang akan mencucikan baju kamu.

Tapi, kalau kamu lebih suka mencuci pakaian dengan tangan sendiri, tidak masalah. Sama halnya dengan kebersihan kamar mandi dan kamar, sudah ada petugas yang akan membersihkannya.

Yuk, kuliah di Turki!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star