Hastag Campus

5 Tips bagi Fresh Graduate Cepat Dapat Kerja dan Dilirik Perusahaan

Tampaknya tantangan para fresh graduate kurang lebih sama yakni harus menampilkan versi terbaik diri meski minim pengalaman agar dilirik perusahaan. Tidak hanya bersaing dengan sesama fresh graduate, tetapi juga bersaing dengan yang sudah berpengalaman. Berikut tips melihat agar fresh graduate dilirik perusahaan, bersiaplah, kamu akan cepat dapet kerja.

1. Pahami kualifikasi yang dibutuhkan
Pertama, pahami kualifikasi dari setiap lowongan yang ada. Mulai dari latar belakang pendidikan, usia, jenis kelamin hingga skill yang harus dipenuhi. Bagi fresh graduate, pilihlah posisi entry level karena belum berpengalaman.

Jangan lupa, pastikan kualifikasi tersebut terbuka bagi fresh graduate atau pengalaman minimal satu tahun. Selain itu, perhatikan juga lokasi penempatan apakah sesuai yang kamu inginkan. Hal ini bertujuan agar kamu mudah dalam mengakses lokasi ketika proses seleksi.

Baca juga: Cara Hadapi Transisi dari Mahasiswa ke Dunia Kerja, Gak Bakal Kaget!

2. Latih kemampuan komunikasi dengan baik
Tentunya setiap perusahaan menginginkan karyawannya dapat berkomunikasi dengan baik untuk kelancaran koordinasi dalam pekerjaan. Komunikasi yang baik ini dalam artian dapat menempatkan diri dan mampu berkomunikasi dengan berbagai kalangan dengan latar belakang yang berbeda.

Komunikasi yang baik tidak serta merta didapatkan dengan sendirinya. Kita perlu melatih diri dengan membiasakan untuk melakukan komunikasi yang baik dengan orang lain. Hal ini dapat berguna ketika interview, karena HRD atau user dapat mengetahui bagaimana cara seseorang berinteraksi.

3. Kenali diri lebih dalam
Mengenali diri sendiri tentunya adalah kunci untuk dapat dilirik perusahaan. Bagaimana tidak? Perusahaan tidak mengenal diri kita jika kita tidak memperkenalkannya ketika proses interview. Oleh karena itu, kenali segala kekuatan, kelemahan serta sifat yang ada dalam diri. Seseorang yang mengenali diri dengan baik akan mendapat nilai lebih di mata interviewer karena dianggap dapat menghadapi pekerjaan dengan baik.

Baca juga: Ingin Jadi Public Speaker Andal? Kamu Harus Lalui 5 Tantangan Ini!

4. Meningkatkan kemampuan yang sekiranya diperlukan
Jika kita sudah mengincar pekerjaan yang kita inginkan, tentunya kita memahami kualifikasi yang dibutuhkan. Lalu menilai skill yang dimilikinya. Jika dirasa masih kurang, tingkatkanlah skill tersebut dengan mengikuti pelatihan, belajar dari YouTube atau buku-buku pengembangan diri.

Selain mendapat nilai plus di mata HRD karena giat meningkatkan kualitas diri, skill ini juga berguna bagi fresh graduate sendiri. Seperti kata eyang habibi, kita harus menekuni hal yang kita sukai sampai menjadi ahli. Agar kita memiliki hal menarik yang tidak dimiliki oleh orang lain.

5. Jalin relasi dengan banyak orang
Relasi menjadi sangat penting untuk fresh graduate. Kalau perlu lekatkan kembali hubungan dengan teman semasa sekolah atau kuliah. Ketika proses interview pun jalinlah relasi dengan sesama kandidat. Relasi ini penting untuk saling bertukar informasi, saling merekomendasikan pekerjaan dan tentunya menambah banyak persaudaraan.

Itulah lima hal yang perlu fresh graduate perhatikan agar mendapat peluang yang besar untuk dilirik perusahaan dan cepat mendapatkan pekerjaan. Bersaing dengan yang berpengalaman, siapa takut?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star