Hastag Campus

Lakukan 6 Hal Ini Saat Salah Jurusan, Dijamin Tetap Bisa Sukses!

Bagi sebagian orang, salah jurusan merupakan suatu hal yang pastinya menyebalkan. Bagaimana tidak? Kamu harus menempuh masa kuliah di jurusan yang tidak kamu sukai dalam waktu empat tahun. Belum lagi jika kamu dihadapkan dengan mata kuliah yang tidak kamu pahami.

Nah, daripada memikirkan hal tersebut, lebih baik kamu melakukan aktivitas yang dapat menunjang kemampuanmu di dunia kerja nanti. Dengan demikian, kamu bisa tetap sukses meskipun salah jurusan. Kira-kira, apa saja hal tersebut? Yuk, simak beberapa di antaranya berikut ini.

1. Diskusi dengan senior
Senior merupakan orang yang lebih mengetahui dunia perkuliahan dibandingkan kamu. Jadi, bisa saja ada senior yang juga mengalami hal serupa denganmu namun tetap bisa bertahan dan sukses hingga saat ini.

Oleh karena itu, cobalah ajak senior yang kamu kenal, baik yang sudah lulus atau belum, berdiskusi mengenai masalah yang kamu hadapi. Sebagai senior, pastinya mereka akan memberikan saran-saran yang baik dan membangun.

Baca juga: Ingin Jadi Public Speaker Andal? Kamu Harus Lalui 5 Tantangan Ini!

2. Diskusi dengan orang yang kamu anggap bisa mendukungmu
Selain senior, kamu bisa mencoba untuk mengajak diskusi orang yang menurutmu bisa mendukung dan memahami masalah yang sedang kamu hadapi. Pastinya, mereka akan memberikan pendapatnya sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga bisa merasa lebih lega karena sudah berbagi beban pikiran dengan orang lain.

3. Tingkatkan soft skills dengan bergabung pada lembaga kampus yang sesuai dengan passion-mu
Setelah lulus, hal yang paling penting untuk mendapatkan pekerjaan bukanlah nilai yang kamu miliki. Melainkan kemampuan, baik soft skill maupun hard skill.

Oleh karena itu, jika kamu merasa bahwa kamu berada di jurusan yang salah, kamu tetap masih bisa mengembangkan bakat yang kamu miliki kok. Caranya dengan bergabung di lembaga kampus yang memang kamu senangi dan sesuai dengan passion-mu.

4. Mengikuti kursus, seminar, dan workshop
Jika menurutmu lembaga kampus di tempat kamu berkuliah tidak ada yang menarik, kamu bisa kok ikut kursus, seminar atau workshop untuk mengembangkan bakat yang kamu miliki. Gak perlu mengeluarkan uang banyak, kamu bisa lho belajar dengan teman yang memang memiliki passion yang sama denganmu.

Baca juga: 5 Hal Krusial yang Wajib Diperhatikan Ketika Memilih Jurusan Kuliah

5. Magang atau paruh waktu
Siapa sih yang tidak ingin mengembangkan soft skill tanpa membayar sepeser pun? Bahkan, bukannya mengeluarkan uang, kamu justru bisa mendapatkan uang lho.

Caranya, kamu bisa coba ikut program magang atau paruh waktu yang biasanya disediakan oleh beberapa perusahaan. Dengan begitu, kamu dapat mengembangkan bakat yang kamu miliki sekaligus menghasilkan uang jajan sendiri.

6. Pertimbangkan dampak jika kamu berhenti kuliah karena ingin keluar dari jurusan tersebut
Beberapa orang merasa salah jurusan ketika sudah berada di pertengahan semester atau di akhir semester. Kalau sudah demikian, apakah kamu masih ingin berpikir untuk pindah jurusan? Maka dari itu, kamu perlu memikirkan dampak ketika keluar dari jurusan tersebut.

Misalnya, kamu telah membuang-buang waktu selama bertahun-tahun. Tidak hanya itu, biaya yang dikeluarkan oleh kedua orangtuamu juga tidak sedikit, kan? Jadi, pertimbangkan kembali jika kamu merasa salah jurusan dan ingin pindah jurusan ya.

Daripada putus asa, yuk coba lakukan beberapa hal di atas ketika kamu salah jurusan kuliah!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star