Hastag Campus

Waspada! 6 Hal Ini Bisa Buat Manajemen Waktumu Berantakan

Waktu adalah hal yang sangat berharga. Sebuah pepatah terkenal menyebut bahwa waktu adalah uang. Artinya kalau kamu bisa mengelola waktu dengan benar, maka kamu akan berhasil dalam pekerjaan dan mendapat banyak uang.

Dan tentu gak hanya soal uang. Manajemen waktu yang baik juga bisa membuatmu menikmati hubungan baik dengan keluarga dan teman-teman, dan juga quality time untuk dirimu sendiri. Maka jelas, kamu harus bisa mengatur waktumu dengan baik.

Tapi mengatur waktu memang gak semudah itu. Ada beberapa hal sepele yang jika dilakukan ternyata bisa membuat manajemen waktumu berantakan. Apa saja? Berikut ini enam hal di antaranya.

1. Gak bisa menetapkan prioritas dengan tepat
Hal terpenting yang harus kamu lakukan untuk bisa mengatur waktu dengan baik adalah menetapkan prioritas dengan tepat. Dari sekian banyak hal yang harus kamu lakukan, kamu harus bisa menetapkan hal apa yang paling penting sehingga harus didahulukan, lalu setelah itu apa, kemudian apa, dan seterusnya.

Jangan sampai kamu malah menunda kewajiban dan mendahulukan kegiatan yang kurang penting. Jika kamu melakukan itu, waktu melakukan kewajiban bisa keburu habis. Padahal yang namanya kewajiban harus dikerjakan. Akibatnya waktu untuk melakukan hal-hal lain pun jadi ikut tergeser, dan akhirnya seluruh jadwalmu berantakan.

Baca juga: 5 Waktu yang Bisa Kamu Manfaatkan untuk Belajar Meski Kuliah Sambil Kerja

2. Gak fokus dalam mengerjakan sesuatu
Beberapa orang memiliki skill untuk melakukan multitasking, alias melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Tapi gak semua orang bisa. Kalau kamu termasuk orang yang gak mampu multitasking, maka jangan pernah coba-coba melakukannya. Pekerjaan yang kamu lakukan akan berantakan, dan kamu malah jadi buang waktu karena harus memperbaikinya.

Apalagi kalau tidak fokusnya dirimu disebabkan oleh hal yang kurang penting. Misalnya, tentu bekerja sambil bermain media sosial bukan ide yang baik. Jaga fokusmu pada satu pekerjaan yang penting dan singkirkan segala pengalih perhatian.

3. Mengambil terlalu banyak kewajiban, padahal tidak perlu
Manajemen waktumu juga bisa kacau kalau kamu memaksakan diri untuk mengambil terlalu banyak kewajiban, padahal itu gak harus. Misalnya kalau kamu masih kuliah, kamu gak harus mengambil begitu banyak tanggung jawab di organisasi.

Kegiatan tambahan memang bisa bermanfaat buatmu. Tapi kalau kegiatan itu malah membuatmu gak sempat melakukan hal-hal yang lebih penting, maka lebih baik hindari saja. Lebih baik melakukan satu hal dengan baik daripada melakukan dua hal tapi berantakan. Setuju?

Baca juga: 7 Tips Manajemen Waktu Mahasiswa Tingkat Akhir, Biar Cepat Lulus!

4. Tidak menjaga kesehatan
Apa hubungan menjaga kesehatan dengan manajemen waktu? Kalau kamu gak menjaga kesehatan, maka manajemen waktumu pun bisa berantakan. Jika kamu jatuh sakit, maka pasti ada beberapa kegiatanmu yang jadi terganggu bukan?

Maka sesibuk-sibuknya dirimu, selalu sisihkan waktu untuk beristirahat, makan yang teratur, dan olahraga. Dan jangan lupa, yang penting bukan hanya kesehatan fisik, tapi juga mental. Maka gak ada salahnya menjadwalkan rekreasi supaya kamu bisa refreshing dan gak stres.

5. Gak berani menolak ajakan orang lain
Saat kita sudah mengatur jadwal kegiatan dengan baik, terkadang ada saja gangguan dari luar yang berpotensi mengacaukan jadwal tersebut. Misalnya kamu mungkin sudah berencana untuk belajar di rumah demi menghadapi ujian. Tapi ternyata temanmu menelepon dan mengajakmu hangout.

Pada situasi seperti itu, kamu butuh keberanian untuk menolak. Tanpa keberanian itu, kamu akhirnya akan ikut saja sehingga rencanamu gagal terlaksana. Maka biasakanlah dirimu untuk gak selalu mengiyakan ajakan orang lain kalau kamu memang gak bisa memenuhinya.

6. Tidak membereskan tempat tinggalmu
Last but not least, manajemen waktumu juga bisa amburadul kalau kamu tidak membereskan tempat tinggalmu. Saat kamu ingin mengerjakan sesuatu tapi kamu gak bisa menemukan alat yang dibutuhkan karena rumahmu berantakan, akhirnya waktumu jadi habis terbuang untuk mencarinya kan?

Maka janganlah malas membereskan tempat tinggalmu. Beres-beres memang butuh waktu juga, tapi setelah itu kamu jadi bisa menghemat banyak waktu untuk mencari barang-barang yang diperlukan.

Itulah enam hal yang bisa membuat manajemen waktumu berantakan. Gimana, sudah siap menghindari hal-hal tersebut supaya bisa mengatur waktu dengan lebih baik di tahun baru ini?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star