Hastag Campus

5 Cara Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin Pola Pikirmu Jadi Lebih Kreatif

Berpikir kreatif merupakan salah satu soft skill yang dibutuhkan agar dapat bersaing di dunia kerja. Oleh karena itu, sangat penting untuk melatih dan mengembangkan pola pikir kamu agar menjadi lebih kreatif. Jika kamu tidak tahu bagaimana caranya, beberapa hal sederhana yang bahkan terkesan sepele ini bisa lho membuat pola pikirmu menjadi lebih kreatif. Cobain deh!

1. Beristirahat
Terkesan sepele sekali bukan? Akan tetapi, membiasakan diri untuk beristirahat secara rutin dan maksimal dipercaya dapat meningkatkan kreativitas yang kamu miliki dibanding harus belajar ataupun bekerja secara terus menerus.

Selain itu, istirahat cukup juga berhubungan erat dengan cara mengendalikan stres yang baik. Jadi, cobalah biasakan diri untuk beristirahat secara maksimal ya!

Baca juga: 5 Kampus di AS yang Menyediakan Program Bahasa Inggris Secara Gratis!

2. Melakukan observasi
Beberapa orang mungkin menganggap jika menyuarakan isi kepala adalah cara terbaik untuk menjadi orang yang paling kreatif. Padahal, memperhatikan hal tertentu dan mencoba memahaminya lebih baik daripada hanya sekadar mengomentari hal yang kamu lihat dan rasakan. Selain itu, mengasah otak untuk memicu imajinasi lebih baik untuk melatih pola pikir kreatif kamu, bukan?

3. Merasakan kegagalan
Jika dilihat dari kacamata yang berbeda, sebuah kegagalan tidak selamanya berarti buruk lho. Sebab, kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mengoreksi diri dan bangkit dari keterpurukan. Selain itu, dengan mengevaluasi diri dan menemukan solusi atas masalah yang kamu hadapi otak kamu juga akan menjadi lebih keras dalam berpikir sehingga membentuk pola pikir yang kreatif.

Baca juga: Mulailah Belajar Bahasa Inggris agar 5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan

4. Membuat doodle journal
Menggambar, meskipun dilakukan secara asal dapat meningkatkan performa kognitif kamu dalam melakukan suatu aktivitas. Oleh karena itu, membuat doodle journal bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat kamu lakukan untuk membentuk pola pikir yang kreatif.

5. Mengalami sebuah masalah
Sama dengan kegagalan, masalah juga menjadi salah satu hal yang berusaha dihindari oleh semua orang bagaimana pun caranya. Akan tetapi, tahukah kamu jika masalah yang terjadi di kehidupan sehari-hari bisa memicu munculnya pola pikir yang kreatif?

Ini karena saat dihadapkan oleh suatu permasalahan, otak akan berusaha untuk menemukan solusi terbaik yang bisa dilakukan. Dengan begitu, jangan menganggap masalah sebagai hal selalu buruk, ya!

Itu dia beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membentuk pola pikir menjadi lebih kreatif. Mudah sekali, bukan?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star