Hastag Campus

5 Langkah Lulus SBMPTN 2020 dengan Mudah, Wajib Tahu Peta Persaingan!

Dalam waktu dekat, SBMPTN 2020 agar segera dilaksanakan. Namun untuk lulus dari SBMPTN, bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika kampus yang ingin kamu masuki adalah universitas favorit yang memiliki tingkat persaingan ketat.

Penasaran gimana caranya agar memiliki persentase lulus yang lebih besar? Ikuti langkah lulus SBMPTN 2020 di bawah ini yuk!

1. Latihan soal-soal ujian
Salah satu cara untuk lulus SBMPTN adalah tekun mempelajari soal-soal ujian yang sudah ada sebelumnya. Oleh karena itu, sebaiknya kumpulkan soal-soal yang biasanya dibagikan oleh sekolah. Kamu juga bisa cari berbagai soal ujian yang ada di internet, lho!

Baca juga: 5 Hal Ini Penting Banget Kamu Perhatikan Saat Memilih Tempat Magang

2. Sering mengikuti try out
Mengikuti try out tidak hanya bermanfaat untuk menambah wawasan tentang soal ujian saja. Kamu juga bisa menyiapkan mental dan fisik dalam menghadapi tes yang sesungguhnya.

Agar mendapatkan gambaran yang lebih sesuai dengan ujian SBMPTN, kamu bisa mengikuti try out yang diadakan oleh beberapa universitas atau lembaga pendidikan. Terutama, universitas yang jadi incaranmu.

3. Cari tahu informasi seputar SBMPTN dan UTBK 2020!
Jika kamu sudah siap mendaftar, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari informasi seputar SBMPTN. Misalnya, tahapan seleksi, jadwal UTBK, rangkaian SBMPTN, sistem penilaian, serta kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.

Biasanya, setiap tahun ada saja perubahan yang berlaku. Selain itu, melakukan hal ini bisa membuatmu lebih siap menghadapi SBMPTN dan meningkatkan persentase kelulusan lho!

Baca juga: 5 Kampus di Finlandia Ini Menyediakan Prodi Bahasa Inggris, Tertarik?

4. Kenali kemampuan yang kamu miliki agar bisa memilih prodi yang tepat
Sebelum benar-benar mendaftar SBMPTN, ada baiknya kamu mencari tahu dulu mengenai kemampuan yang kamu miliki. Kenali juga program studi yang ditawarkan di universitas yang kamu incar. Jadi, pilihlah prodi yang sesuai dengan kemampuan ya!

5. Cari tahu juga peluang dan peta persaingan kampus yang kamu minati
Selain cari tahu prodi yang ada di tiap universitas, penting juga untuk mengetahui ketersediaan kursi yang dibuka prodi tersebut. Dari sini, kamu bisa memprediksi persaingan dan peluang diterima. Jadi, jangan malas mencari tahu ya!

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar bisa lulus SBMPTN tahun 2020 dengan mudah. Oleh karenanya, yuk segara lakukan mulai dari sekarang.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star