Hastag Campus

6 Kesalahan Umum Saat Belajar, Akhirnya Cuma Bikin Capek Doang!

Manusia adalah makhluk yang dinamis. Kita senantiasa berubah sepanjang hidup. Seyogyanya tentu kita menginginkan perubahan yang positif, misalnya terus berkembang secara skill dan pengetahuan. Nah, untuk mewujudkannya, kita harus terus belajar.

Pertama-tama, sadari bahwa belajar bukan hanya kewajiban anak sekolah atau mahasiswa. Orang dewasa yang sudah bekerja pun kamu perlu terus belajar dan mengembangkan diri. Kalau tidak, mereka akan tertinggal dari orang-orang yang rajin belajar dalam persaingan di dunia kerja.

Namun untuk mendapat hasil maksimal dalam belajar pun gak selalu mudah. Ada beberapa kesalahan umum dalam belajar yang membuat kita gagal menyerap informasi dengan baik. Akhirnya yang didapat dari sesi belajar cuma capek doang. Maka tentu kita harus menghindari kesalahan tersebut, misalnya enam kesalahan berikut ini.

1. Punya tujuan yang salah
Pertama, kamu harus punya tujuan yang benar dalam belajar. Jika kamu masih sekolah atau kuliah, jangan jadikan nilai bagus sebagai tujuanmu. Memang, kamu pasti berharap mendapat nilai bagus. Tapi kalau itu yang jadi tujuan utama, hasil yang kamu dapat akan kurang maksimal.

Mungkin setelah belajar, kamu ikut ujian dan mendapat nilai bagus. Tapi setelah itu apa? Kalau tujuanmu hanya nilai, pasti kamu akan cepat melupakan apa yang sudah kamu pelajari. Artinya hasil belajarmu sebenarnya gak begitu bermanfaat kan?

Maka seharusnya yang jadi tujuanmu belajar adalah mengembangkan diri. Kamu harus berkembang sebagai manusia, jangan hanya begini-begini saja. Dengan mengembangkan ilmu dan keterampilan, kamu bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Tujuan seperti itu pasti akan membuatmu semangat dalam belajar!

Baca juga: 5 Tips Menambah Kosakata Bahasa Inggris, Wajib Dicoba!

2. Memakai cara belajar yang gak cocok buatmu
Cara belajar yang efektif bagi setiap orang bisa berbeda-beda. Ada orang yang lebih mudah menyerap informasi dari bacaan. Ada juga yang lebih gampang mendengar. Ada yang butuh melihat ilustrasi gambar supaya paham. Ada pula yang lebih mudah mengerti kalau menonton video. Dan masih banyak lagi.

Intinya, cara belajar tiap orang itu berbeda. Nah, apakah kamu sudah tahu cara belajar apa yang paling cocok buatmu? Jangan hanya ikut-ikut cara belajar orang lain karena itu belum tentu itu cocok buatmu. Temukan cara belajar efektif bagimu sendiri dan gunakan itu.

3. Gak fokus
Saat belajar, tentu kita harus fokus supaya bisa menyerap pelajaran seefektif mungkin. Maka jangan biarkan ada pengalih perhatian di sekitar kita saat sedang belajar. Tapi hal yang bisa mengalihkan perhatian bagi setiap orang pun berbeda-beda.

Ada yang gak bisa fokus belajar kalau suasana ramai, tapi ada yang justru gelisah kalau terlalu sepi. Ada yang gak fokus kalau di dekatnya ada orang lain, tapi ada juga yang justru gak nyaman belajar sendirian. Maka kamu perlu juga menemukan apa yang bisa membuatmu tidak fokus, lalu singkirkan itu pada saat kamu belajar.

4. Belajar terlalu lama
Kalau kamu punya semangat menggebu-gebu saat belajar, itu sangat bagus. Tapi jangan sampai itu membuatmu kebablasan. Belajar terlalu lama bisa membuat otak dan tubuhmu lelah. Pada saat lelah, otak sangat sulit menerima dan menyimpan informasi. Maka ketahuilah batasan tubuhmu dan jangan belajar terlalu lama.

Baca juga: Mahasiswa Baru Wajib Terapkan 7 Tips Atur Keuangan Ini

5. Gak rutin belajar
Maka sebenarnya supaya efektif belajar, yang lebih penting itu bukan lamanya waktu belajar, tapi seringnya belajar. Belajar 15 menit setiap hari akan jauh lebih bermanfaat daripada belajar empat jam tapi hanya seminggu sekali. Belajarlah secara rutin supaya otakmu terus-menerus terlatih.

6. Malas latihan atau praktik
Setelah kamu memahami dengan baik apa yang sudah kamu pelajari, kamu pasti sangat senang. Tapi jangan berpuas sampai di situ saja. Coba praktikkan materi pelajaran tersebut. Misalnya kamu belajar bahasa asing, tentu sangat penting untuk praktik berbicara bahasa tersebut dengan orang lain.

Ketika kamu belajar ilmu eksak, praktikkan juga dengan cara mengerjakan soal-soal latihan. Atau saat kamu belajar ilmu sosial, coba terapkan apa yang kamu pelajari dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melakukannya, kamu akan semakin paham dan ingat akan apa yang kamu pelajari hingga waktu lama.

Itulah enam kesalahan umum yang kerap dilakukan saat belajar. Yuk, hindari kesalahan tersebut dan terus belajar supaya kita bisa terus mengembangkan diri!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star