Hastag Campus

Gak Cuma Jago Ngomong, 8 Kemampuan Ini Juga Dipelajari Anak Komunikasi

“Anak komunikasi paling cuma butuh modal bisa ngomong aja, kan?”

Mungkin bagi anak komunikasi pernyataan seperti ini bukan hal yang asing lagi. Pasalnya, beberapa orang juga kerap menyatakan hal yang sama.

Padahal, ilmu komunikasi tidak hanya mempelajari cara berbicara saja lho. Lalu, kira-kira apa saja ya kemampuan yang dipelajari mahasiswa komunikasi? Nah, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Riset
Gabungan antara soft skill dan hard skill ini merupakan kemampuan yang berupa pengetahuan dan teori riset, pengolahan data, serta keterampilan menganalisa dan bersikap kritis. Jadi, kalau kamu orangnya kritis banget, bisa jadi cocok dengan jurusan komunikasi lho.

2. Marketing
Marketing atau pemasaran merupakan kemampuan penjualan secara umum yang berlandaskan pada prinsip-prinsip pemasaran. Nah, kalau kamu merasa memiliki kemampuan memasarkan sebuah produk, mungkin dengan masuk jurusan komunikasi kamu bisa meningkatkan hal tersebut.

Baca juga: 5 Trik Jitu Menabung untuk Fresh Graduate, Belajar Atur Keuanganmu

3. Menulis berita
Salah satu jurusan yang tersedia dalam fakultas ilmu komunikasi adalah jurnalistik. Inilah yang membuat mahasiswa komunikasi memiliki kemampuan menulis berita. Sebab, beberapa orang yang bekerja sebagai pencari berita umumnya merupakan lulusan ilmu komunikasi.

4. Videografi
Pada dasarnya, dengan adanya perkembangan teknologi, ilmu komunikasi juga ikut berkembang. Oleh karenanya, anak komunikasi juga akan mempelajari kemampuan penggunaan teknologi untuk membantu kinerjanya di dunia media. Salah satu keterampilan yang dipelajari adalah pengambilan gambar atau teknik videografi.

5. Public speaking
Mungkin ini salah satu kemampuan dasar yang dipelajari oleh anak komunikasi. Pasalnya, public speaking merupakan kemampuan untuk menyampaikan pesan yang efisien dengan baik sehingga pendengar dapat lebih memahami perkataan yang diucapkan. Jadi, bisa dikatakan ini kemampuan umum yang pasti dipelajari mahasiswa komunikasi.

Baca juga: 5 Hal Krusial yang Wajib Diperhatikan Ketika Memilih Jurusan Kuliah

6. Fotografi
Sama halnya dengan videografi, fotografi juga merupakan kemampuan yang dipelajari oleh anak komunikasi yang diakibatkan oleh adanya perkembangan teknologi. Biasanya, kemampuan ini dipelajari dalam jurusan broadcasting atau jurnalistik.

7. Desain grafis
Desain grafis merupakan salah satu kemampuan yang dipelajari oleh mahasiswa komunikasi dalam jurusan desain komunikasi visual. Kini, kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan yang paling diminati dan dicari perusahaan lho.

8. Manajemen
Manajemen pada dasarnya memang kemampuan yang umum. Akan tetapi, nyatanya manajemen merupakan kemampuan yang paling banyak dibutuhkan perusahaan saat ini. Hal tersebut karena kemampuan manajemen dapat berarti mengatur dan mengoordinasikan berbagai hal agar dapat lebih efektif dan efisien.

Kemampuan di atas hanyalah sebagian kemampuan yang dipelajari oleh anak komunikasi. Masih ada beberapa kemampuan lain yang akan kalian pelajari nantinya lho.

Sumber: Idntimes.com

One reply to “Gak Cuma Jago Ngomong, 8 Kemampuan Ini Juga Dipelajari Anak Komunikasi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star