Hastag Campus

5 Modal Dasar Lulusan Baru untuk Kuat Hadapi Kerasnya Dunia Kerja

Saat menempuh jenjang pendidikan banyak dari kita yang menginginkan untuk cepat-cepat lulus dan masuk dunia kerja, padahal sebenarnya dunia kerja tak sebegitu menyenangkan yang kita kira, bahkan butuh mental yang kuat agar bisa bertahan.

Maka dari itu ada baiknya bagi kamu lulusan baru untuk mengetahui hal-hal dasar yang diperlukan agar kuat dalam menghadapi kerasnya dunia kerja. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Skill yang memadai
Hal pertama yang kamu butuhkan untuk menghadapi kerasnya dunia kerja ialah skill atau kemampuan personal yang memadai, maksudnya kamu benar-benar ahli di bidang itu.

Sebab sebagai fresh graduate yang baru memulai kerja bukan hanya atasan yang akan menguji kemampuanmu, tapi juga senior di kantor. Karena mereka juga ingin melihat apakah kamu bisa diandalkan untuk pekerjaan itu atau tidak.

Baca juga: 5 Pekerjaan Keren yang Bisa Dilamar oleh Lulusan Ilmu Pemerintahan

2. Motivasi kuat untuk maju
Modal dasar yang kedua adalah kemauan untuk maju atau motivasi diri yang kuat. Dunia kerja itu keras, jika semangatmu lemah maka siap-siap saja disingkirkan oleh orang lain yang ingin berada di posisimu. Jadi kamu memiliki kemauan untuk terus maju dan meningkatkan kualitas diri.

3. Pengendalian emosi yang baik
Kemudian kamu juga harus memiliki pengendalian emosi yang baik. Dunia kerja itu selain kita harus kerja keras, namun juga harus pintar-pintar mengendalikan emosi di hadapan banyak orang. Karena tempat kerja juga akan dipenuhi oleh berbagai macam konflik yang tak terduga. Maka dari itu jangan sampai kamu mudah terpancing ataupun meledak-ledak emosinya.

Baca juga: Mau Mulai Bisnis? Ini 10 Tips Sukses yang Cocok untuk Millennial

4. Relasi yang berpengaruh positif
Saat bekerja kita memang sebaiknya mampu menyelesaikan semuanya sendiri dan mengandalkan diri sendiri, namun tak dipungkiri kalau relasi juga penting di dalam dunia kerja. Karena relasi yang tepat akan membawa pengaruh positif bagi citra dirimu dan juga kemajuan kariermu.

5. Tahu cara menempatkan diri
Lalu kamu juga harus memiliki modal mengenai interaksi sosial. Karena selain kinerja yang baik serta profesionalitas yang tinggi, jika kamu mampu menempatkan diri dengan baik maka itu juga bisa menjadi nilai tambah bagimu. Hal ini juga dapat mempengaruhi kariermu, lho.

Itulah beberapa modal dasar yang sebaiknya kamu miliki sebagai lulusan baru untuk kuat dan siap menghadapi kerasnya dunia kerja.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star