Hastag Campus

Mahasiswa Baru Wajib Terapkan 7 Tips Atur Keuangan Ini

Memasuki bangku kuliah, ada beberapa hal yang harus dilakukan mahasiswa baru. Tak semua kebiasaan lama di masa putih abu-abu dapat dibawa hingga ke bangku kuliah. Tak sedikit pula yang merantau ke kota lain untuk melanjutkan pendidikannya itu.

Salah satu kebiasaan yang harus diubah adalah kebiasaan dalam mengatur keuangan. Jika di bangku SMA kita terbiasa diberi uang jajan tiap hari oleh orang tua, berbeda dengan dibangku kuliah. Bisa saja kamu diberi uang jajan per minggu ataupun per bulan. Kamu termasuk mahasiswa baru tersebut? Ini dia tips mengatur keuangan buat kamu!

1. Siapkan buku catatan kecil khusus keuanganmu.
Buku catatan kecil ini nanti akan membantu kamu mengetahui aliran uang keluar dan masuk. Simpanlah dengan baik buku tersebut. Sebaiknya kamu tidak mengandalkan gadget, gunakan buku kecil saja.

Baca juga: 8 Tips Biar Nyaman di Kampus Buat Kamu Mahasiswa Baru

2. Tulis setiap pemasukan dan pengeluaran kamu setiap harinya.
Setiap awal pekan atau bulan, kamu pasti diberi uang jajan oleh orang tuamu kan? Atau bisa jadi kamu mendapat penghasilan dari hasil kerja kerasmu. Catatlah setiap pemasukan tersebut. Tak hanya itu, catat pula setiap uang yang kamu keluarkan. Dengan begitu, kamu akan tahu ke mana uangmu tersebut mengalir.

3. Simpan uang jajanmu di bank.
Orang tua pasti akan mengirimkan uang jajan lewat rekeningmu kan? Simpan saja uang jajanmu itu di rekeningmu. Jangan kamu ambil seluruh isi rekeningmu!

Bisa jadi kamu tidak sadar jika menggunakan seluruhnya. Menyimpan uang jajan di bank juga mencegah uangmu cepat habis, loh!

4. Sedia uang secukupnya di dompet.
Ambil uang di bank secukupnya, lalu simpanlah di dompet. Jangan terlalu banyak karena kamu bisa jadi boros. Setidaknya ada uang di dompetmu yang bisa kamu pergunakan disaat yang dibutuhkan.

Baca juga: 10 Alasan Selandia Baru Wajib Kamu Pilih sebagai Negara Tujuan Kuliah!

5. Jangan terlalu sering makan di luar.
Membeli makan di luar memang menjadi kebiasaan yang tidak terlalu baik. Kamu tidak akan sadar telah menghabiskan cukup banyak uang untuk makan di luar. Padahal akan lebih hemat jika kamu memasak di kos atau makan makanan rumah.

6. Utamakan kebutuhan yang penting, bukan keinginan.
Jangan lapar mata! Belilah kebutuhan yang memang penting. Kebutuhan seperti buku pelajaran, sepatu untuk kuliah atau laptop lebih penting, dibandingkan kamu menambah koleksi makeup atau jam tangan kamu.

7. Menabung di celengan.
Hal kecil ini sering diabaikan banyak orang. Padahal, kebiasaan ini sangat berguna dan membantumu berhemat. Sisihkan sedikit uangmu dan masukan dalam celengan. Saat membukanya, kamu akan terkejut dengan jumlah uang di dalamnya. Kamu tak akan sadar jika jumlahnya begitu banyak, meski kamu memasukkan nominal yang sedikit.

Semoga beberapa tips mengatur keuangan tersebut berguna untuk mahasiswa baru seperti kamu! Selamat menempuh bangku kuliah!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star