Hastag Campus

5 Jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaannya, LPDP Salah Satunya!

Sebelum mendaftar beasiswa, sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu mengenai jenis-jenis beasiswa yang ada. Hal ini penting agar kamu dapat memilih beasiswa mana yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi diri kamu.

Nah, jika dilihat dari sumber pembiayaannya, ternyata beasiswa terbagi menjadi 5 jenis lho. Apa saja itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Beasiswa pemerintahan
Kamu tahu mengenai beasiswa LPDP yang populer di kalangan mahasiswa? Nah, beasiswa tersebut merupakan salah satu beasiswa yang disediakan oleh pemerintah. Selain LPDP, pemerintah juga menyediakan beasiswa BAPPENAS, dan beasiswa LIPI lho. Tertarik mendaftar salah satunya?

Baca juga: Pentingnya Bergabung dalam Organisasi Bagi Mahasiswa Baru

2. Beasiswa perguruan tinggi
Ketika pertama kali ingin mendaftar diri di perguruan tinggi kamu pasti pernah mendengar tentang beasiswa yang disediakan di kampus tersebut bukan? Biasanya, beasiswa ini bisa kamu raih dengan persyaratan tertentu, seperti nilai rapor, dan IPK.

Beasiswa yang satu ini disediakan oleh institusi perguruan tinggi dengan tujuan untuk meringankan beban pembiayaan bagi para mahasiswa. Tidak hanya itu, beasiswa ini juga bisa berupa program pertukaran pelajar.

3. Beasiswa organisasi, komunitas, atau yayasan
Tidak hanya perguruan tinggi dan pemerintah saja yang menyediakan beasiswa lho. Pasalnya, saat ini terdapat banyak organisasi, komunitas, atau yayasan yang bersifat akademik dan non akademik yang memberikan bantuan pendidikan kepada masyarakat umum. Contohnya, beasiswa yayasan orbit Hasri Ainun Habibie yang memberikan fasilitas bagi anak-anak Indonesia beprestasi namun tidak memiliki biaya.

Baca juga: 7 Tips Interview Kerja yang Baik dan Benar, Jangan Grogi!

4. Beasiswa dari pihak swasta
Berbeda dengan beasiswa pemerintahan, beasiswa yang berasal dari pihak swasta biasanya termasuk ke dalam program CSR (Corporate Social Responsibility). Beasiswa ini merupakan bentuk perwujudan dari perusahaan kepada masyarakat. Bentuk beasiswa ini pun menawarkan program pendidikan secara gratis namun dengan jenis bidang studi yang berkaitan dengan perusahaan itu sendiri.

5. Beasiswa internasional
Beasiswa internasional merupakan program beasiswa yang berasal dari negara maju sebagai salah satu bentuk kerja sama eksklusif antar negara. Selain untuk memfasilitasi para pelajar gar mendapatkan pendidikan yang lebih baik, beasiswa ini juga berfungsi untuk mengulik potensi terpendam yang ada di negara tersebut.

Nah, sudah tahu kan jika beasiswa itu sangat beragam dan bisa dibedakan berdasarkan sumber pembiayaannya? Jadi, sebelum mendaftar sebaiknya ketahui kualifikasi dirimu dan sesuai kan dengan jenis beasiswa yang ada ya. Jangan sampai salah mendaftar!

Sumber: Idntimes.com

One reply to “5 Jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaannya, LPDP Salah Satunya!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star