Hastag Campus

Pentingnya Bergabung dalam Organisasi Bagi Mahasiswa Baru

Organisasi merupakan salah satu tempat yang dapat membantu kamu berkembang dalam dunia perkuliahan. Bukan hanya pengetahuan dalam kelas yang harus kalian asah dan kembangkan, tetapi pengalaman di luar kelas pun perlu juga untuk dikembangkan, lho.

Bagi kalian mahasiswa baru, inilah kelebihan yang dapat kalian peroleh jika bergabung dalam organisasi yang ada di kampus.

1. Melatih softskills
Dalam dunia organisasi, banyak hal yang dapat kamu kembangkan. Bukan hanya mengetahui teori dalam kelas, softskills juga perlu dilatih dalam dunia perkuliahan. Banyak softskills yang dapat dilatih dalam organisasi, seperti belajar menjadi pemimpin, mempelajari cara berkomunikasi, mengatur suatu hal, mengambil keputusan, dan yang lainnya.

Bergabung dalam organisasi kampus pun akan melatih kamu untuk berpikir dengan cepat, kritis, dan kuat bekerja di dalam tekanan. Hal tersebut dapat kamu jadikan kelebihan yang dapat kamu sampaikan untuk mencari pekerjaan setelah lulus perkuliahan. Pastinya setiap softskills yang kalian dapatkan dalam organisasi akan berguna untuk menghadapi kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Gak Hanya Organisasi Kampus, 5 Kegiatan Ini Bisa Tambah Relasimu

2. Membangun relasi
Hal ini sangat penting dimiliki mahasiswa. Relasi yang luas akan membantu kamu lebih mudah dalam menghadapi dunia perkuliahan. Organisasi membawa kamu bertemu dengan teman-teman berbeda jurusan dan kepribadian. Dengan membangun relasi secara langsung, kamu akan bisa mulai mengerti berbagai jenis sifat mahasiswa dalam berorganisasi.

Membangun relasi yang luas akan membawa dampak positif bagi kehidupan kamu. Banyak orang yang dapat menolong dan membantu kamu jika kamu membutuhkan pertolongan mereka. Melalui organisasi juga kamu bisa mendapatkan teman dekat atau bahkan pasangan, lho.

3. Belajar mengatur waktu
Bergabung dalam organisasi juga akan membantumu belajar untuk mengatur waktu antara perkuliahan, tugas-tugas perkuliahan, rapat organisasi, dan juga tugas-tugas dalam organisasi. Kalau kamu tidak dapat mengatur waktu dengan baik, kamu akan mengalami kesulitan dalam menyusun prioritas. Jangan sampai ada salah satu di antara perkuliahan dan organisasi yang kamu korbankan begitu saja hanya karena kamu tidak dapat mengatur waktu dengan baik.

Belajar mengatur waktu juga penting untuk kehidupan sehari-hari kamu nantinya. Dengan belajar mengatur waktu, kamu juga bisa menjadi orang yang multitasking dan pastinya dapat dipercaya untuk menyelesaikan setiap pekerjaan yang ada. Hal ini dapat menjadi nilai plus dalam diri kamu. Belajar mengatur waktu dapat kamu mulai dengan memiliki planner untuk mencatat setiap aktivitas yang harus kamu lakukan di hari mendatang.

Baca juga: Bukan Membuang Waktu, 5 Manfaat Berorganisasi yang Wajib Diketahui

4. Memiliki pengalaman bekerja dalam tim
Sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik pastinya karena kerja sama anggotanya yang baik. Masuk dalam organisasi akan buat kamu mendapatkan pengalaman bekerja sama dalam tim. Kamu akan mengerti bagaimana caranya menghadapi berbagai jenis sifat manusia yang disatukan dalam sebuah organisasi. Belajar untuk lebih toleransi dan mengerti satu sama lain membuat kamu mulai menurunkan ego diri sendiri dan pastinya mementingkan kepentingan organisasi dari pada kepentingan kamu sendiri.

Pengalaman ini akan membawa kamu tidak kaget saat memasuki dunia pekerjaan nantinya, karena orang yang dapat bekerja sama dalam tim merupakan orang yang memiliki nilai plus. Dan pengalaman ini akan berguna bagi kehidupan kalian.

5. Mendapatkan pengalaman interview
Dalam dunia pekerjaan nantinya kamu akan menghadapi tahap interview sebagai syarat untuk memasuki kantor tersebut. Begitu pula dalam organisasi, sebelum masuk dalam sebuat organisasi kalian juga akan dihadapkan dengan tahap interview yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepribadian serta prioritas kamu.

Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan pengalaman menghadapi interview, lho. Hal ini membuat kalian akan lebih rileks dan mengetahui alur interview untuk memasuki dunia kerja nantinya. Kamu juga bisa mengetahui bagaimana cara menjawab sebuah pertanyaan dengan baik dan apa saja yang sering ditanyakan dalam sebuah interview.

Setelah mengetahui pentingnya organisasi kampus, apakah kamu mau bergabung dalam organisasi kampus? Yuk, berikan komentar kamu dalam kolom komentar!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star