Hastag Campus

Biar Mudah Mengingat, Ini 7 Trik Jitu Khusus Kamu yang Pelupa

Pada dasarnya semua orang memiliki sifat pelupa tergantung dari kapasitas otak mereka. Menjadi seorang pelupa kadang merugikan karena saat kita akan melangsungkan ujian semester atau ujian akhir, nilai kita akan diujung tanduk karena ulah kita yang kadang lupa dengan materi pelajaran.

Sebenarnya meski kita kadang gampang lupa, kita akan bisa mengingat sesuatu jika kita menggabungkan kecerdasan otak kiri dan kanan sehingga kita takkan gampang lupa. Nah buat kamu yang ingin selalu mengingat materi pelajaran yuk intip 9 tips berguna ini agar kamu gak jadi orang pelupa lagi.

1. Visualisasikan ingatanmu terhadap sebuah benda
Ketika kamu belajar atau membaca materi, coba hubungkan materi tersebut dengan suatu benda yang ada di sekitarmu agar kamu mudah mengingat materi yang kamu pelajari. Misalnya kamu sedang membaca tentang teori atom, maka coba kamu ingat – ingat atom itu sebagai roti kismis dan sebagainya. Nah dengan cara tersebut maka kamu akan mengingat materi yang sedang kamu baca.

Baca juga: Pastikan Kamu Melakukan 5 Hal Ini Sebelum Lulus Kuliah

2. Mainkan game yang dapat melatih otak
Jangan salah, memainkan game bisa melatih kecerdasan otak lho! Nah caranya kamu sesekali mainkan game yang membuat otakmu berpikir seperti teka teki silang atau tebak kata misalnya. Maka hal – hal seperti itu akan terus membuat otakmu berkembang dan tak mudah lupa.

3. Gunakan metode cicero
Metode ini adalah metode pengelompokan suatu barang atau item terhadap satu kategori. Misalnya gelas dan piring termasuk kategori alat – alat dapur dan bantal atau guling merupakan kategori tempat tidur. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengingat karena berdasarkan kategorinya.

Baca juga: 5 Tips Mudah Belajar SBMPTN di Tengah Kesibukan Kegiatan Sekolah

4. Mengingat berdasarkan kata kunci
Kamu juga bisa mengingat suatu materi berdasarkan kata kuncinya, oleh karena itu banyak bukan suatu buku pelajaran yang di bawahnya terdapat kata kunci tiap materi? itu semua tentu saja fungsinya agar kamu bisa dengan mudah mengingat.

5. Tidur siang
Jangan abaikan tidur siang, meskipun hanya 30 menit tidur siang akan membantumu mengingat sesuatu dan menghindarkanmu dari sifat pelupa. So, luangkan waktu sedikit setiap hari untuk tidur siang agar otakmu makin segar.

6. Meditasi
Boleh jadi kamu pelupa karena terlalu banyak pikiran yang membuat konsentrasimu buyar, maka sesekali lakukan meditasi agar daya ingatmu tajam dan kamu gak jadi seseorang yang gampang lupa lagi. Tenangkan pikiranmu dan lupakan sejenak masalah yang saat ini hinggap didirimu.

7. Banyak makan yang kaya akan omega 3
Selain semua hal di atas, makanan yang mengandung omega 3 akan membantumu juga dalam mengingat suatu pelajaran. So, banyak – banyak makan sayuran dan buah – buahan ya agar kamu bisa dengan mudah mengingat suatu materi kuliah atau pelajaran.

Mudah kok dipraktikkan!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star