Hastag Campus

6 Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Punya Minat Tinggi Pada Dunia Game

Kamu suka banget main game? Atau punya cita-cita bisa berkarier di industri gaming? Jika iya, beberapa jurusan ini bisa banget jadi pilihan kalian untuk menempuh studi. Berikut ini 6 jurusan yang bisa kalian pilih sebagai para gamers!

1. Teknologi Game
Jurusan yang satu ini akan mengajak kamu untuk mempelajari game mulai dari merancang cerita yang ada pada game, merancang sistem pelevelan, merancang model karakter yang ada pada game, membuat animasi dan storyboard, merancang user interface, melakukan tugas-tugas programming, hingga proses produksi game tersebut
dan distribusinya. Seru banget kan?

2. Game Animasi
Seorang gamer pasti paham banget pentingnya visual dan grafis yang mumpuni dalam sebuah game. Kalau kamu tertarik untuk mendalami ilmu atau bahkan ingin menjadi mastermind di balik kerennya grafis sebuah game, jurusan Animasi adalah pilihan yang
tepat.

Di jurusan Animasi, kamu akan mempelajari teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya Tusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Lebih lengkapnya, disini kamu akan belajar membuat karakter dwimatra (2D), karakter trimatra (3D), membuat special effects, membuat story board, dan menulis skenarionya. Selain membuat tampilan visualnya, kamu juga harus mengolah audionya dengan memberikan sound effects dan mengisi suara karakter-karakternya.

Baca juga: 5 Resolusi Tepat Buat Millennials Biar Tahun Depan Lebih Berarti

3. Game Application and Technology
Zaman sekarang, game tidak hanya bisa dimainkan lewat komputer atau laptop saja. Smartphone, tablet, dan perangkat-perangkat mobile lainnya pun kini marak digunakan para gamer untuk menjalankan game-game favoritnya.

Makanya, jurusan Mobile Application and Technology menjadi jurusan yang Youthmanual buat kamu yang hobi nge-game. Jurusan ini akan memperkenalkan kamu dengan teknik dan pemahaman secara mendalam tentang cara menciptakan dan mengembangkan aplikasi dan teknologi terapan di bidang mobile technology untuk berbagai macam platform dan sistem operasi. Jadi developer mobile game? Siapa takut!

4. Teknik dan Rekayasa Perangkat Lunak
Seperti yang kita tahu, game adalah sebuah bentuk perangkat lunak. Dan jurusan apa yang akan memberikan kamu pengetahuan mengenai serba-serbi perangkat lunak lebih mendalam dibanding Software Engineering? Yup! Di jurusan yang satu ini kamu akan mempelajari tentang prinsip dan teknik untuk mendesain perangkat lunak yang tepat guna, tangguh dan mudah digunakan.

Kamu juga akan belajar cara mendesain dan menganalisis algoritma dan pemrograman menggunakan struktur data yang efisien serta mengembangkan sistem operasi dan
aplikasi berbasis web/mobile. Buat para penggemar game, siapa tahu, setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa mendesain dan mengembangkan software game kamu sendiri. Ya, gak?

5. Program e-Sport
Mungkin inilah jurusan yang paling cocok untuk gamers yang lebih memilih bermain game daripada membuatnya. Selama mengikuti program, selain akan mendapat pembinaan karakter dan pembinaan skill permainan, mahasiswa juga berkesempatan bertanding secara rutin serta mendapatkan jersey team, berkesempatan mendapatkan beasiswa dan uang saku bulanan, dan yang paling menarik adalah mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan tim eSport nasional maupun Internasional.

Baca juga: Pikirkan 6 Hal Ini untuk Resolusi Akhir Tahun dalam Pendidikanmu!

6. Desain Teknologi Permainan
Jurusan yang satu ini mengajak kalian untuk mengeksplor kemampuan kalian dalam menggambarkan suatu hal kedalam bentuk nyata. Tak hanya itu, biasanya kalian juga akan diajarkan beberapa ilmu-ilmu lainnya seperti Fotografi, Tipografi, Animasi dan masih banyak lainnya. Selain itu, seorang gamers bisa masuk pada bagian pengembangan gamenya. Pengembangan dalam game ini luas sekali pengertiannya. Bisa masuk pada konsepnya, lalu pada karakternya dan lain sebagainya.

Itulah tado beberapa jurusan kuliah yang bisa jadi pilihan studimu bila kamu memiliki minat yang tinggi pada dunia game. Sekarang kamu sudah ada sedikit gambaran kan apa saja jurusan yang bisa kamu pilih? Kira-kira mau pilih jurusan apa nih?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star