Hastag Campus

5 Alasan Pentingnya Pengalaman Kerja untuk Kemajuan Karier

Kenapa sih harus ada syarat pengalaman kerja sekian tahun dalam melamar pekerjaan? Terus, yang fresh graduate gimana dong? Mungkin itu beberapa unek-unek para pencari kerja yang baru saja akan menginjakkan kakinya di dunia kerja. Magang bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman kerja, atau kamu juga bisa melamar di perusahaan kecil terlebih dahulu untuk mendapatkan pengalaman sebelum meniti karier di perusahaan yang lebih besar.

Terlepas dari itu semua, sebenarnya apa sih pentingnya pengalaman kerja? Dan mengapa perusahaan banyak yang menjadikannya salah satu syarat untuk merekrut pegawai?

1. Mengetahui seluk beluk bidang industri yang kamu tekuni secara langsung
Kamu yang pernah mencicipi dunia kerja yang selaras dengan posisi pekerjaan yang akan kamu lamar dinilai telah banyak mengetahui seluk beluk dalam bidang tersebut. Kamu tahu apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan, sehingga dianggap tidak akan terlalu merasa kesulitan dalam menyesuaikan diri pada perusahaan yang dituju.

Baca juga: Berbanggalah, Ini 6 Keuntungan Melakoni Kuliah Sambil Kerja

2. Memiliki soft skill yang dicari perusahaan
Tentunya bukan hanya nilai akademik yang menjadi tolak ukur perusahaan dalam merekrut pegawai. Soft skill merupakan salah satu yang juga penting dalam dunia kerja. Calon pegawai yang pernah bekerja sebelumnya pasti setidaknya telah memiliki soft skill yang dibutuhkan, seperti public speaking, bekerja sama dalam tim, berfikir kreatif, dan sebagainya.

3. Membuktikan kompetensi kamu
Boleh jadi kamu memiliki IPK bagus saat kuliah, namun itu hanya bisa menjadi acuan kemampuan pengetahuan kamu. Kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja dianggap telah memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang mumpuni untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai aturan yang ditetapkan.

Baca juga: 7 Tips Tampil Percaya Diri Public Speaking dalam Bahasa Inggris

4. Menunjukkan komitmen kamu untuk berkarier di bidang tersebut
Sudah jelas terlihat, jika kamu melamar pekerjaan dalam bidang yang sama dengan pekerjaan kamu sebelumnya dan juga memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai, maka kamu telah menunjukkan komitmen kamu dalam berkarier di bidang tersebut.

5. Mudah dalam memecahkan masalah di bidang tersebut
Karena telah bergelut di bidang tersebut pasti kamu telah banyak menghadapi berbagai masalah dan dipercaya akan mudah dalam memecahkan masalah dan menemukan solusi terbaiknya jika sewaktu-waktu masalah tersebut muncul lagi.

Itu 5 alasan mengapa pengalaman kerja merupakan salah satu syarat agar kita mendapatkan karier yang lebih baik. Keep fighting, job seeker!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star