Hastag Campus

10 Alasan Selandia Baru Wajib Kamu Pilih sebagai Negara Tujuan Kuliah!

Selandia Baru mungkin luput dari daftar pilihan negara untuk tujuan kuliahmu. Tapi ternyata, negara di selatan Indonesia ini menawarkan berbagai keistimewaan yang bahkan belum tentu dimiliki negara lain, mulai dari kualitas pendidikan hingga keindahan panorama alam di sana.

Yuk, simak beberapa alasan kenapa Selandia Baru wajib kamu pilih sebagai negara tujuan kuliahmu!

1. Pendidikan berkualitas
Sistem pendidikan di Selandia Baru dikenal dengan kualitas pengajaran yang sangat baik serta fasilitas pendidikan yang lengkap. Selandia Baru punya 8 universitas negeri yang didanai negara, 18 Institut Teknologi dan Politeknik, serta 550+ Lembaga Pelatihan Swasta (PTEs). Kualitas pendidikan di semua lembaga pendidikan tersebut dimonitor dan dipertahankan secara teratur.

Semua program yang ditawarkan oleh universitas di Selandia Baru menjalani pemeriksaan kualitas yang ketat. Sistem sentral audit penjaminan kualitas dilakukan oleh New Zealand Vice Chancellors’ Committee (NZVCC) di tingkat institusi dan program. Sebagai hasil dari pemeriksaan ketat ini, kualifikasi dari berbagai institut dan universitas Selandia Baru diterima oleh berbagai perusahaan dan pemberi kerja di seluruh dunia.

Baca juga: Catat, 5 Keuntungan Ini Bakal Kamu Dapat Jika Sering Belajar Kelompok

2. Banyak universitas berkelas dunia
Universitas-universitas di Selandia Baru diakui dan diterima secara internasional. Bahkan, berbagai universitas di Selandia Baru termasuk diantara yang terbaik di dunia. Ada 8 universitas Selandia Baru yang menduduki peringkat teratas secara global menurut QS World Ranking 2018, yaitu University of Auckland, University of Otago, University of Canterbury, Victoria University of Wellington, University of Waikato, Massey University, Lincoln University, dan Auckland University of Technology.

3. Persyaratan masuk yang terbilang mudah
Dibandingkan negara lain seperti Amerika Serikat, Inggris, atau Australia, kompetisi untuk masuk ke universitas-universitas di Selandia Baru bisa dibilang lebih rendah. Hal ini terjadi karena pemerintah Selandia Baru sudah banyak berinvestasi dalam pendidikan tinggi, sehingga universitas-universitas di Selandia Baru punya kapasitas lebih untuk menampung mahasiswa.

Dilansir dari bizzeducation.com, calon mahasiswa dengan nilai moderat bisa berpeluang masuk ke sebagian besar program karena persyaratan masuknya lebih mudah dibandingkan dengan sebagian besar universitas terbaik di dunia.

4. Kesempatan networking dengan rekan-rekan internasional
Karena reputasinya yang dikenal sangat baik, gak heran jika berbagai kampus di Selandia Baru memiliki mahasiswa internasional yang berasal dari berbagai negara. Tentunya, kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk berkenalan serta menjalin networking dengan teman-teman dari berbagai negara.

Baca juga: 6 Manfaat Tak Terduga Bikin Perencanaan Karier Selama Kuliah

5. Kesempatan mendapatkan beasiswa terbuka lebar
Kuliah ke Selandia Baru bisa jadi sesuatu yang gak murah buatmu, mengingat kurs mata uang Indonesia berada cukup jauh di bawah mata uang Selandia Baru. Tapi, berbagai beasiswa penuh bisa kamu coba.

Pemerintah Selandia Baru memiliki skema beasiswa S2/S3 yaitu New Zealand Scholarship (NZS) yang men-cover penuh biaya kuliah dan biaya hidupmu selama di Selandia Baru. Beasiswa ini terbuka untuk banyak calon mahasiswa dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Kamu juga bisa mencoba beasiswa dari pemerintah Indonesia, seperti beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Beasiswa Unggulan (BU) Kemendikbud.

6. Banyak kesempatan bekerja selepas lulus, termasuk bekerja part-time saat kuliah!
Dikutip dari universitiesnz.ac.nz, Chris Whelan, Direktur Eksekutif Universitas-universitas di Selandia Baru menyatakan bahwa berbagai universitas di Selandia Baru menyiapkan lulusan yang siap bekerja.

Sekitar 97 persen menemukan pekerjaan dalam dua tahun setelah lulus dan 90 persen di antaranya menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keilmuannya. Angka ini tergolong sangat tinggi dibandingkan dengan berbagai universitas di negara maju lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa bekerja sebelum lulus di Selandia Baru. Dilansir studyinnewzealand.govt.nz, kamu bisa bekerja paruh waktu (part-time) selama masa kuliah dengan gaji yang bisa menunjang kebutuhan studimu.

7. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris
Sama seperti Amerika Serikat, Australia, dan Inggris, Selandia Baru menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi negara mereka. Banyak universitas yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di kampus. Karena itu, kamu pun gak perlu repot-repot untuk belajar bahasa baru.

8. Selandia Baru tergolong negara aman
Situs newzealandnow.govt.nz menyebut bahwa Selandia Baru termasuk salah satu negara yang memiliki tingkat kriminalitas rendah dan stabil dari segi politik. Berdasarkan Global Peace Index 2017, Selandia Baru menempati peringkat kedua (dari 163 negara dunia) sebagai negara yang aman dan damai. Belajar di negara yang aman tentu bisa menunjang studimu, kan?

9. Warga lokal di Selandia Baru umumnya bersikap ramah dan terbuka
Masyarakat Selandia Baru umumnya mau menerima dan menghargai perbedaan budaya. Sebagai mahasiswa internasional, kamu akan disambut dengan hangat di negara itu, terlepas dari perbedaan agama, kasta, jenis kelamin, atau berbagai macam perbedaan lainnya.

10. Selandia Baru punya bentang alam yang memesona!
Selandia Baru merupakan negara yang punya lansekap alam menawan, seperti pegunungan atau danau dengan keanekaragaman hayatinya yang unik. Selain alam yang indah di wilayah pedesaan, kamu juga bisa menikmati kehidupan kota-kota modern. Sebagai mahasiswa, kamu bisa menjelajahi berbagai tempat di Selandia Baru saat akhir pekan atau musim liburan. Selandia Baru menawarkan berbagai tempat menarik yang mudah diakses.

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa Selandia Baru bisa kamu pilih sebagai negara tujuan kuliahmu. Jadi, apakah kamu tertarik untuk kuliah ke Selandia Baru? Atau, apakah kamu punya alasan lain yang menarikmu untuk kuliah ke sana?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star