Hastag Campus

Catat, 5 Keuntungan Ini Bakal Kamu Dapat Jika Sering Belajar Kelompok

Banyaknya tugas pelajaran sering membuat pelajar pusing dan bingung mau memulai pekerjaannya dari mana. Ujung-ujungnya gak ada satupun yang bisa tuntas karena terlalu lama memikirkan pilihan.

Kalau kamu merasa seperti itu coba kerjakan tugas-tugas bareng sama teman deh. Dijamin kamu gak akan merasa berat ‘melahap’ semua tugas yang ada.

Bukan cuma itu lho, tapi kamu yang suka belajar kelompok juga akan mendapatkan 5 keuntungan lainnya. Penasaran? Simak ya penjelasannya di bawah!

1. Punya pemikiran yang kritis
Pemikiran yang kritis disini memiliki arti pandangan yang luas dan pola pikir yang tidak biasa. Karena kamu biasa bersama teman-teman saat belajar maka akan terbentuk kebiasaan berpikir secara fleksibel. Saling bertukar pendapat, beradu argumen dan diskusi ringan merupakan contoh dari bentuk latihan dari pemikiran yang kritis.

Baca juga: 5 Tips Mencari Pekerjaan, Full Time & Part Time Juga Bisa Lho!

2. Bisa belajar banyak ilmu
Mengapa belajar bersama bisa mengajarkan kita banyak ilmu? Karena ketika berkumpul bersama banyak orang, ada banyak pula kepribadian yang pada dasarnya memiliki keunggulannya masing-masing.

Contohnya kamu bisa belajar kedisiplinan dari si A karena dia selalu tepat waktu saat janjian bertemu dan belajar untuk tekun dari si B yang gak pantang menyerah mencari jawaban saat menemukan soal sulit.

3. Paham akan arti kerja sama
Diadakannya belajar bersama bertujuan untuk bisa menyelesaikan tugas lebih ringan dan mudah. Dari sini kamu bisa mengerti bagaimana cara membagi tugas, saling menjelaskan satu sama lain dan membantu saat ada yang tidak dimengerti. Sebuah solidaritas bisa terbentuk dari kebiasaan belajar bersama. Keren kan?

Baca juga: Mau Kuliah Gratis ke Belanda? 5 Beasiswa Full Ini Wajib Kamu Coba

4. Semua pekerjaan jadi terasa lebih ringan
Meskipun bukan pekerjaan layaknya orang dewasa, tapi pelajar juga punya pekerjaan berupa tugas yang gak kalah berat dari para pegawai kantoran. Beratnya tugas ini bisa kita ringankan dengan cara belajar bersama.

Apalagi ada teman yang selalu dukung dan setia menemani tanpa memberi tekanan, kamu bisa menikmati proses belajarmu yang cukup sulit tersebut.

5. Melatih jiwa sosial yang baik
Belajar bersama juga secara gak langsung bisa melatih kemampuan sosialisasi kalian lho. Bertemu banyak orang dan berdiskusi banyak mengharuskanmu berbicara secara baik, apalagi jika cara belajar kalian memiliki metode yang unik.

Seperti bergantian menjelaskan materi di depan yang lain layaknya seorang guru, memberi kuis dan permainan edukasi yang lainnya.

Menguasai pelajaran akan terasa mudah jika ada niat dalam hati kalian. Berbagai cara bisa ditempuh misalnya seperti belajar bersama. Selain asyik karena bisa bersama teman-teman, kamu juga bisa mendapat banyak keuntungan lainnya, yuk kita belajar dengan semangat!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star