Hastag Campus

6 Manfaat Tak Terduga Bikin Perencanaan Karier Selama Kuliah

Kuliah merupakan kesempatan belajar bagi seseorang untuk memperoleh ilmu di bidang yang ingin ditekuni. Sehingga, ilmu yang diperoleh di bangku kuliah akan menjadi bekal untuk berkarier.

Mencapai karier impian tidak sebatas disiapkan dengan ilmu akademik saja, tapi juga dengan perencanaan karier yang matang dan terarah. Tak harus menunggu lulus dulu, perencanaan karier rupanya memiliki banyak manfaat jika dipersiapkan selama masih kuliah, lho! Apa saja, ya?

1. Menambah wawasan yang luas tentang dunia kerja
Dengan melakukan perencanaan karier di masa kuliah, kamu akan banyak mencari informasi seputar dunia kerja yang sulit kamu dapatkan jika hanya belajar di kelas. Sehingga, kamu jadi bisa tahu berbagai perkembangan dunia kerja yang sesungguhnya.

Baca juga: 5 Prinsip Hidup yang Akan Membawamu pada Kesuksesan

2. Kesempatan untuk mencari tahu passion dan karier impian
Melakukan perencanaan karier selama masih kuliah juga akan memancing dirimu untuk mencari tahu apa passion dan karier impianmu sesungguhnya serta bidang apa saja yang ingin kamu geluti setelah lulus nanti. Jadi, inilah kesempatan bagimu untuk bisa menggali potensimu lebih dalam lagi.

3. Memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri
Lebih cepat lebih baik. Semakin cepat kamu mengetahui apa karier yang kamu idam-idamkan, semakin banyak pula waktu yang kamu punya untuk mempersiapkan diri.

Jika karier impianmu itu membutuhkan skill tertentu, kamu tentu akan punya lebih banyak waktu untuk belajar dan mencari referensi yang berhubungan dengan skill tersebut, kan?

4. Tidak merasa kagok dan buntu ketika sudah lulus
Merencanakan karier saat masih kuliah juga akan membantumu agar tidak merasa kagok atau buntu setelah lulus kelak. Itu karena kamu sudah punya gambaran yang jelas dengan apa yang ingin kamu capai.

Baca juga: 5 Rekomendasi Beasiswa ke Luar Negeri yang Diadakan Tahun 2020

5. Terbiasa untuk berpikir jauh ke depan
Melakukan perencanaan karier ketika masih di bangku kuliah juga akan bermanfaat untuk membentuk mindsetmu. Dengan begitu, kamu akan terbiasa untuk berpikir jauh ke depan. Hal ini tentu akan semakin melatih dirimu untuk bisa mempersiapkan masa depan dengan matang, jelas, dan terarah.

6. Termotivasi untuk cepat lulus dan meniti karier
Yang satu ini juga tidak kalah penting, lho. Jika kamu sudah menetapkan rencana karier yang ingin kamu capai serta sudah mempersiapkan diri dengan maksimal, tentu kamu akan semakin termotivasi untuk cepat lulus, kan? Supaya setelah lulus kamu bisa langsung take action untuk mulai meniti kariermu itu. Menarik, kan?

Itulah 6 manfaat melakukan perencanaan karier selama kuliah. Apa pun bidang yang ingin kamu geluti, kelak kamu akan terjun ke dunia kerja yang lebih profesional. Tidak ada salahnya untuk merencanakan karier dari sekarang agar kamu punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan masa depanmu. Selamat mencoba!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star