Hastag Campus

Gak Hanya Tambah Relasi, Ini 6 Manfaat Bergabung dengan Komunitas

Tak jarang kegiatan semasa kuliah berkutat antara kampus dan rumah. Mengikuti jadwal perkuliahan kemudian bergabung dengan organisasi kampus lalu mengerjakan tugas dan kemudian pulang untuk istirahat. Terkadang akan ada perasaan bosan dan juga penat dengan rutinitas tersebut, bukan?

Nah, salah satu solusi yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kepenatan itu adalah dengan bergabung pada sebuah komunitas. Di sekitar kita banyak terdapat komunitas yang berdiri, entah untuk tujuan sosial ataupun untuk menyalurkan dan memperdalam kesenangan.

Tentunya sangat menguntungkan, apalagi ketika komunitas yang kamu ikuti sejalan dengan kesenangan juga minatmu. Nah, berikut adalah 6 alasan mengapa kamu harus bergabung dengan komunitas saat kuliah. Yuk, simak!

1. Mengembangkan dan memperdalam hobimu
Tak jarang kamu memiliki bakat juga kesenangan yang kamu sukai tetapi berlainan dengan jurusan kuliah yang sedang kamu ambil. Nah, dengan bergabung pada sebuah komunitas ini kamu bisa mengembangkan kesukaanmu walau tidak melalui bangku sekolah formal.

Dalam sebuah komunitas terkhusus yang bergerak dalam bidang kesenangan seperti komunitas fotografi maupun desain atau yang lain, kamu akan menjumpai anggota-anggota lain yang memiliki kemampuan yang pastinya keren.

Nah, di situ kamu bisa berlatih juga memperdalam kesenanganmu tak lupa senantiasa belajar dari orang-orang tersebut. Karena proses belajar itu tak terbatas ruang kelas, bukan?

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Mahasiswa Wajib Ikut Unit Kegiatan Pers Kampus

2. Awal yang baik untuk membangun relasi
Bergabung dengan sebuah komunitas tentunya akan membantu mempertemukan dengan orang-orang baru di luar lingkungan pertemananmu. Apalagi ketika komunitas yang kamu ikuti berada di luar kampus, tentunya akan semakin memperkenalkanmu dengan orang-orang baru yang berasal dari kampus yang berbeda denganmu. Hal inilah yang sangat membantumu dalam membangun sebuah relasi.

Tak jarang pula sebuah komunitas memiliki seorang mentor atau pembina yang berkompeten dalam bidang yang komunitasmu geluti. Nah, mentor atau pembina tersebut bisa kamu jadikan sosok inspirator sekaligus mentormu dalam membangun sebuah nama. Keren kan!

3. Memberimu kesempatan untuk belajar dalam tim
Dalam sebuah komunitas tak jarang akan mengadakan sebuah kegiatan sebagai tujuan akhir atau agenda tahunan. Tentunya sebagai bagian dari komunitas, kamu akan dilibatkan dalam kepengurusan atau kepanitiaan kegiatan tersebut.

Seperti kita tahu sebuah acara tak kan mungkin bisa dilaksanakan dengan sendiri, tentunya di butuhkan kerja sama yang baik dalam sebuah tim. Untuk itu, kamu bisa bergabung dalam divisi-divisi yang telah tersedia untuk melatih kemampuanmu bekerja dalam tim. Jadi, kalau ada kepanitiaan jangan kabur dan mangkir ya!

4. Menambah poin lebih pada portofoliomu
Tak jarang saat berstatus mahasiswa, kita seringkali melupakan untuk mengisi daftar portofolio yang kita miliki. Nyatanya, memiliki portofolio yang bagus akan memudahkan kita dalam menemukan pekerjaan setelah lulus kuliah. Salah satu cara untuk menambah kemampuan yang kita miliki dalam CV yaitu dengan bergabung dalam sebuah komunitas.

Dengan bergabung komunitas, terkhusus untuk yang berhubungan dengan bidang keilmuan tertentu akan mengadakan sebuah agenda tahunan. Bisa dalam bentuk pameran fotografi untuk pencinta fotografi, ataupun fashion show untuk pencinta desain baju dan agenda lain.

Tentunya jika kalian berhasil untuk menjadi bagian ini, bisa menambah poin dalam portofoliomu bukan? Gak hanya itu karya-karya yang kamu hasilkan selama bergabung dalam komunitas bisa kamu jadikan bahan portofolio juga, lho.

Baca juga: Mau Buka Bisnis Tapi Modal Seret? Ini 9 Trik Suksesnya!

5. Melatihmu untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik
Dalam sebuah komunitas pastinya akan membuat mu bertemu dengan banyak orang yang tentunya memiliki karakter juga kepribadian yang berbeda-beda. Nah, di sini kamu akan tertantang juga akan belajar bagaimana menghadapi dan berkomunikasi dengan berbagai orang.

Tak hanya itu, untuk kamu yang sulit bersosialisasi, komunitas juga salah satu wadah yang tepat untuk membantumu dalam belajar bersosialisasi yang pada akhirnya bisa melatihmu untuk berkomunikasi dengan komunikatif. Ingat, kemampuan komunikasi yang baik itu penting sekali, lho.

6. Wadah untuk menemukan inspirasi baru
Tak jarang kita merasa bosan dengan kehidupan kampus, bertemu hampir setiap hari dengan orang yang sama juga rutinitas yang sama. Nah dengan bergabung komunitas, kamu bisa menemukan inspirasi baru yang bisa membuat hidupmu lebih berwarna lagi.

Dalam komunitas tak jarang terdapat berbagai agenda acara yang tentunya di sanalah kamu bisa menemukan inspirasi. Entah sebuah masalah baru yang memerlukan solusi sebagai bahan skripsimu, sebuah karya yang memukau atau bahkan peluang bisnis baru yang bisa mendekatkanmu pada hal-hal baru. Jadi, ketika kita sedang stuck bisa jadi sebuah tanda kamu memerlukan sebuah insparsi lho.

Nah, itulah 6 alasan mengapa kamu harus bergabung dengan komunitas selagi kuliah. Banyak manfaatnya, lho!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star