Hastag Campus

Merasa Salah Jurusan? Ini 7 Tips Jitu Menghadapinya

Kamu merasa stress di perkuliahan karena jurusan yang kamu ambil tidak sesuai dengan pasionmu? Kemungkinan besar kamu salah jurusan, nih. Apalagi kalau dibarengi semangat kuliah yang menurun drastis bahkan nggak ada semangat-semangatnya untuk berangkat ngampus. Untuk mengatasi salah jurusan, memang hanya ada 2 cara: PINDAH JURUSAN LAIN atau BERTAHAN.

Artikel kali ini mau share dengan tips jitu mengatasi salah jurusan dengan BERTAHAN. Karena memulai lagi dari awal itu juga nggak gampang, kan? Ada waktu, tenaga, dan uang yang harus dikorbankan. Begitu pula dengan bertahan, susah tapi harus dilalui demi masa depan. Yuk, simak tips-tips berikut.

1. Singkirkan jauh-jauh perasaan itu, jangan terpuruk dan berorientasilah ke depan
Dunia nggak berhenti saat kamu salah jurusan. Singkirkan jauh-jauh perasaan itu karena apabila kamu terpuruk, orang tua kamu yang senantiasa mendukungmu pasti akan sedih dan kecewa. Tetap semangat dan bertahanlah! Ingat, beberapa tahun lagi kamu bisa memakai toga, lho! Dan saat itu pasti kamu akan menyaksikan senyum bahagia yang tersungging di wajah orang tuamu.

2. Sering-sering curhat ke sahabat
Pastikan untuk cerita kepada sahabatmu mengenai beban pikiran yang kamu rasakan. Memendam sendiri masalah itu tidak baik, karena berisiko memperburuk keadaan fisikmu. Makanya, curhatkan semua pada sahabat terbaikmu! Keluarkan seluruh air matamu dan lampiaskan seluruh kekesalanmu.

Atau, bisa juga dengan bercerita pada orang tua atau keluarga yang paling dekat denganmu. Kamu pasti membutuhkan dukungan meskipun hanya satu ucapan semangat dari mereka.

3. Perbanyak soft-skill, ikuti UKM sesuai dengan passion dan hobimu
Unit Kegiatan Mahasiswa memang penting dalam hal pengembangan diri. Mengikuti UKM yang sesuai minat bakatmu akan sangat membantu. Apabila kamu memang memiliki interest yang tinggi pada tulis-menulis, ikuti UKM kejurnalistikan atau keilmiahan. Apabila tertarik pada desain, ikut jadi redaksi di kampusmu. Dan masih banyak lagi.

Selain UKM banyak komunitas-komunitas di luar perkuliahan. Seperti komunitas ulas film, komunitas fotografi dan video, dan sebagainya. Percayalah, UKM dan komunitas yang produktif itu akan memperdalam soft-skill-mu. Tidak ada alasan passion yang terpendam.

4. Sering-sering belajar bareng teman
Salah jurusan juga biasanya disebabkan oleh perasaan tentang tugas-tugas yang banyak dan materi yang terlalu sulit. Tenang, itu semua bisa diatasi. Dengan belajar bareng teman, kamu akan bertukar pikiran dengannya jadi beban yang kamu rasakan mengenai kesulitan itu akan hilang.

Belajar bersama juga membuat motivasi kamu untuk kuliah meningkat drastis atas rasa seperjuangan. Oh iya, sering-sering pula ke perpus. Banyak buku-buku keren yang akan menunjang materi kuliahmu.

5. Jalan-jalan untuk merefresh pikiranmu
Merasa Salah Jurusan? Ini 7 Tips Jitu Menghadapinyakoreandramaland.com
Jangan lupa untuk refreshing paling tidak seminggu sekali. Jangan sampai perasaan ‘salah jurusan’ yang menempel di pikiranmu bisa memicu stress. Jalan-jalan dengan teman, keluarga, bahkan sendirian merupakan aktivitas yang bisa menenangkan hatimu.

Nonton film, berburu kuliner, atau sekadar nongkrong santai itu penting untuk kondisi psikologismu, lho.

6. Ambil jurusan S2 yang sesuai minat-bakat
Buat kamu yang berencana lanjut kuliah ke S2 (atau lebih), kamu bisa juga banting setir jurusan. Banting setir di S2 ada kekurangan dan kelebihan. Kelebihannya pengetahuan kamu bervariasi dan bisa mengejar cita-cita awal. Minusnya, kamu kurang mendalami bidang S1 kamu, dan harus belajar dari nol. Sementara teman-teman S2 kamu yang lain sudah memiliki dasar yang sama dari S1.

Atau bisa juga kuliah dobel, biar dapat gelar sarjana dobel. Banyak kok, orang-orang yang seperti itu. Sering-sering berselancar di internet untuk mendapat info-info ya.

7. Life must go on, Tuhan tahu apa yang terbaik buatmu
Well, kamu udah dewasa dan harus bisa mengambil resiko atas pilihan jurusan yang dulu kamu buat. Percayalah, Tuhan tahu apa yang terbaik untukmu. So, life must go on, kan? Kalau kata Dory di film Finding Dory, just keep swimming… just keep swimming… Semangat untuk kamu jiwa-jiwa ‘salah jurusan’, belum tentu kamu 100% salah jurusan juga. Mungkin hanya ‘kurang tepat’. Be positive!

Itulah tujuh tips jitu mengatasi salah jurusan, semangat selalu menjalani kehidupan perkuliahan! Semoga apapun yang kamu pilih menjadi indah pada saatnya.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star