Hastag Campus

Pikirkan 6 Hal Ini untuk Resolusi Akhir Tahun dalam Pendidikanmu!

Di penghujung tahun ini, tentunya banyak dari kamu yang tengah menikmati masa liburan sekolah. Menghabiskan banyak waktu liburan bersama keluarga ke berbagai tempat yang dapat memberikan ketenangan untuk melepas penatmu selama ini dalam menempuh pendidikan di bangku sekolah maupun perguruan tinggi.

Tidak ada salahnya jika kamu sejenak mengingat kebelakang dan memikirkan dalam setahun ini apa saja yang telah berhasil kamu capai dalam pendidikanmu. Jika kamu merasa selama ini belum melakukan usaha yang maksimal, perbaiki sekarang juga dan mulailah menata diri untuk masa depanmu kelak.

Kamu dapat memulai dengan melakukan beberapa hal berikut untuk kemajuan pendidikanmu di tahun mendatang.

1. Seringlah meluangkan waktu untuk membaca
Menumbuhkan minat untuk rajin membaca memang tidaklah mudah. Apalagi untuk kamu yang kurang akrab dengan buku. Sedikit demi sedikit bukalah buku pelajaranmu dan bacalah walaupun hanya sebentar. Ulangi kebiasaan positif itu dalam keseharianmu dan jadikan itu sebagai bagian dari rutinitasmu.

Kamu pada akhirnya akan menemukan kenyamanan dalam membaca yang menjadikanmu lebih semangat lagi untuk mengejar ketertinggalan dan menguasai mata pelajaran yang kamu rasa susah selama ini. Untuk menambah wawasan pengetahuanmu agar lebih luas, kamu juga dapat membaca berbagai buku sesuai kesenanganmu. Ingat, mulailah dari topik yang ringan bertahap menuju yang lebih berat.

2. Perbaiki lingkup pertemananmu
Pertemanan kadang memberikan pengaruh yang beragam untuk kepribadianmu. Ada teman yang berpengaruh positif dan ada juga yang sebaliknya. Dan jika kamu merasa lingkup pertemananmu yang sekarang kurang bisa memotivasimu untuk jadi lebih baik, kamu tidak ada salahnya untuk mencoba berteman dengan siapapun dan bersikap terbuka.

Karena siapa tahu kamu akan banyak mendapatkan pengalaman dan informasi yang berharga untuk kemajuan pendidikanmu dari teman-teman yang ternyata pendapatmu selama ini tentang mereka salah.

3. Stop istilah kebut semalam!
Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh pelajar adalah menunda-nunda waktu untuk mengerjakan tugas. Biasanya karena deadline pengumpulannya yang masih lama, dan lebih memilih untuk mengahabiskan waktu dengan bermain.

Jika kamu termasuk yang melakukan kebiasaan tersebut, munculkan kemauan pada dirimu untuk mulai sekarang jangan sering mengerjakan tugas dengan kebut semalam. Kamu harus menyadari kebiasaan buruk itu hanya menyebabkan menurunnya kondisi fisikmu karena jam tidurmu yang kurang. Di sisi lain, hasil tugas yang kamu kerjakan juga tidak akan maksimal karena kamu mengerjakannya dengan terburu-buru.

Hal ini juga berlaku ketika kamu mendekati hari ujian, jangan hanya belajar semalamnya ketika besok kamu akan ujian. Tetapi mulailah dari sekarang luangkan waktumu untuk sering belajar.

4. Ikutilah seminar dan kegiatan sejenisnya
Jika kamu selama ini merasa menjadi seorang pribadi yang pasif dan sangat jarang mengikuti kegiatan sekolah maupun kampus, ubahlah kebiasaan tersebut. Kamu haru memulai untuk mengikuti seminar atau organisasi sekolah lainnya. Karena dari sanalah kamu akan banyak bertukar pikiran dengan teman-teman sebayamu. Menjadikanmu pribadi yang menyukai diskusi serta membuat cara berpikirmu lebih terbuka dan kritis.

5. Kejarlah beasiswa!
Beasiswa adalah jalan yang memudahkan langkahmu untuk meraih beragam prestasi dalam kesuksesan pendidikanmu. Jika kamu merasa dirimu yang sekarang merasa sangat berambisi untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik kedepannya, kamu wajib merancang target untuk mengejar beasiswa di tahun depan dan cobalah untuk mencari serta menanyakan berbagai informasi terkait beasiswa. Baik beasiswa di dalam negeri atau di luar negeri.

Beasiswa juga akan mengurangi biaya yang harus kamu keluarkan dalam pendidikanmu. Kamu hanya dituntut untuk fokus dan memberikan hasil yang terbaik, tanpa memikirkan soal biaya.

6. Tingkatkan nilai raportmu dari yang sebelumnya
Pada akhirnya semua hal di atas jika mampu kamu lakukan akan berdampak besar terhadap nilai raportmu yang semakin mengalami peningkatan. Kamu perlu mempertahankan dan bahkan meningkatkannya lagi. Tetapi jangan menjadikanmu orang yang mudah sombong dan cepat puas. Kamu harus menyadari jika semua ini hanya menjadi awal dalam proses panjangmu menitih karir kedepannya.

Lewat pendidikan kamu mempu memberikan pengaruh positif untuk orang banyak. Maka pedulilah dengan pendidikanmu dan susun rencana untuk menggapai impianmu. Semoga artikel ini bermanfaat!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star