Hastag Campus

5 Cara Menyusun Resolusi Tahun Baru yang Realistis, Yuk Optimis!

Setiap akhir tahun, kamu akan menyadari resolusi yang sempat dibuat tahun lalu terbuang sia-sia. Anehnya, hampir semua resolusi akhir tahun milikmu gak tercapai. Nah, mungkin salah satu penyebabnya, karena kamu membuat resolusi yang tidak realistis.

Bila kamu menyusun resolusi yang tidak realistis, maka tak akan tercapai. Kamu harus bikin resolusi yang lebih realistis. Gimana sih caranya? Yuk, simak cara menyusun resolusi Tahun Baru yang realistis di bawah ini!

1. Jangan buat terlalu banyak daftar resolusi
Saat kamu bikin banyak daftar resolusi, dijamin gak bakal tercapai. Sebab, kamu gak akan bisa fokus pada beberapa resolusi. Tak tercapainya resolusi, akan bikin kamu merasa kecewa dengan diri sendiri.

Catatlah resolusi paling banyak berjumlah lima, biar kamu bisa lebih fokus. Nantinya, kamu tak akan merasa terlalu berat, saat ingin mencapai salah satunya.

Baca juga: Inilah 5 Prospek Karir Menjanjikan bagi Para Lulusan Sastra Inggris

2. Fokuskan resolusi pada hal yang mudah dicapai
Bila kamu pernah membuat resolusi sebelumnya, tetapi tak pernah tercapai. Sangat disarankan buat gak melakukan resolusi yang sama. Bikin resolusi baru yang lebih mudah untuk dicapai.

Setidaknya, bikin resolusi yang hanya berfokus pada satu hal, seperti olahraga atau pun perbanyak konsumsi makanan sehat. Kalau kamu memilih perbanyak olahraga, maka lakukan yang lebih spesifik, berupa setiap pagi melakukan sit-up.

3. Berikan tujuan atau nilai yang berarti pada resolusi
Kalau kamu tujuan yang tidak baik, seperti ingin berolahraga keras, biar jadi kurus dan dilirik gebetan. Dijamin kamu gak akan bisa mencapai resolusi, atau justru tak bertahan lama.

Buatlah resolusi yang bisa membantu kamu tumbuh menjadi orang lebih baik. Bukan yang didorong rasa balas dendam atau pun ingin dipuji orang lain. Ayo, segera temukan tujuan untuk resolusi tahun barumu!

Baca juga: 10 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Rumahan, Niat Saja Tak Cukup!

4. Catat perkiraan masalah yang bakal muncul pada tiap resolusi
Salah satu faktor yang bikin tak tercapainya resolusi, yaitu melupakan perkiraan kemunculan masalah. Saat kamu ingin mencapai sesuatu, selalu ada hal yang menghambat.

Cobalah tulis semua hal tersebut bersama resolusi, biar kamu ada gambaran bagaimana cara menghadapinya. Misalnya, setiap pagi kamu ingin melakukan sit-up setidaknya setengah jam. Nah, kamu harus memikirkan bagaimana kalau telat bangun pagi? Pikirkan rencana cadangannya, juga!

5. Memberikan penghargaan terhadap diri sendiri
Saat kamu berhasil mempertahankan pencapaian resolusi selama seminggu penuh, maka berikan diri sendiri penghargaan kecil. Bisa berupa makan di kafe yang diidamkan atau menonton film favorit.

Nantinya, kamu bisa meningkatkan pemberian penghargaan kecil menjadi sebulan sekali. Dijamin akan bikin kamu makin semangat buat mempertahankan sampai akhir tahun. Pada akhirnya, kamu akan terbiasa melakukan resolusi yang baik.

Yuk, mulai bikin resolusi tahun baru yang realistis, biar bisa tercapai!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star