Hastag Campus

Tak Hanya Dubes! Ini Celah Kerja Bagi Lulusan Hubungan Internasional

Hubungan Internasional (HI) merupakan salah satu dari sekian banyak jurusan di bangku perkuliahan. Jurusan ini cukup banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Tidak sedikit dari mereka yang ingin masuk ke jurusan ini untuk berkarier di luar negeri. Kerap kali, jurusan ini identik dengan hal-hal yang menyangkut tentang pemerintahan.

Tak mengherankan apabila mereka yang ingin bekerja di lembaga pemerintahan, mengambil prodi ini untuk mencapai karier yang diinginkan. Lingkup karir ini, sebenarnya tidak hanya berhubungan dengan pemerintahan saja lho! Yuk, simak prospek kerja buat lulusan Hubungan Internasional berikut!

1. Duta besar
Duta besar (dubes) menjadi salah satu dari banyak prospek karier Hl yang diminati dan merupakan prospek kerja terbaik dari jurusan ini. Untuk menjadi duta besar, hal yang perlu dimiliki oleh lulusan HI adalah bisa memahami isu internasional. Khususnya, isu negara tempat ia ditugaskan. Duta besar memiliki tugas untuk mewakili negara sendiri di negara lain atau pada organisasi internasional.

2. International officer
Lulusan HI juga dibutuhkan untuk menangani kasus atau permasalahan internasional. Karena itulah, ada jabatan yang disebut international officer. Seorang international officer dapat bekerja di beberapa instansi di pemerintahan. Beberapa di antaranya adalah Departemen Luar Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar, hingga Konsulat.

Selain itu, international officer juga bisa bekerja di lembaga sosial masyarakat (LSM) yang bergerak di dunia internasional. Lembaga ini biasa disebut INGO (International Non Governmental Organization).

3. Politisi
Tidak hanya dibekali ilmu tentang dunia internasional, mahasiswa jurusan HI dituntut untuk selalu peka dan aktif dalam mengetahui isu-isu politik dalam negeri. Karena hal itu, kesadaran dalam hal berpolitik bagi mereka pun jadi meningkat.

Dengan ilmu dan keahlian yang dimiliki, lulusan HI diharapkan bisa menjadi politisi yang mampu mengkritisi kebijakan dalam negeri maupun lingkup internasional. Terlebih, yang memiliki pengaruh terhadap negaranya sendiri.

Baca juga: Pastikan Kamu Melakukan 5 Hal Ini Sebelum Lulus Kuliah

4. Konsultan internasional
Konsultan internasional dapat bertugas sebagai penasihat, pendamping, atau pemerhati dalam segala hal yang berkaitan dengan hubungan internasional. Agar menjadi seorang konsultan internasional, sangat diperlukan pemahaman yang mendalam mengenai dunia internasional.

Konsultan ini juga bertugas untuk membantu perusahaan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait prospek aktivitas perusahaan di pasar internasional. Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing serta pengetahuan tentang dunia perdagangan dan bisnis, jadi pertimbangan bagi perusahaan konsultan untuk menerima lulusan ini.

5. Staf kedutaan
Kalau kamu tidak ingin menjadi duta besar, kamu bisa bekerja pada posisi staf kedutaan. Staf kedutaan memiliki beragam posisi tersendiri yang bisa dipilih. Mulai dari bidang administratif hingga analisis, modal utama yang harus kamu miliki adalah kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

6. Negosiator
Negosiator merupakan salah satu prospek bagi lulusan HI. Seorang negosiator memiliki peran untuk menjalankan kepentingan lembaga yang diwakilinya. Dalam membawa dan mewujudkan kepentingan tersebut, ia tidak sebatas berhubungan dengan pemerintahan saja. Ia pun punya hubungan dengan pihak swasta untuk mewujudkan kepentingan yang dimilikinya.

Baca juga: 5 Dampak Negatif Ketika Kamu Cuek dengan Tugas Kuliah, Berbahaya Loh!

7. Government relations officer
Government relations officer (GRO) menjadi salah satu posisi yang banyak diminati oleh lulusan HI. GRO bertugas menjalin hubungan antara lembaga yang diwakili dengan pemerintah daerah.

Biasanya, yang membutuhkan seorang GRO adalah perusahaan asing yang beroperasi di suatu negara.Tempat atau lembaga yang membutuhkan GRO antara lain adalah pemerintahan daerah, perguruan tinggi, perusahaan nasional, dan multinasional

8. Pebisnis internasional
Pasti kamu bertanya-tanya, apa hubungannya lulusan HI dengan dunia bisnis? Tentunya, dua hal ini memiliki keterkaitan. Ketika di bangku kuliah, lulusan ini tidak hanya dibekali oleh ilmu-ilmu yang berkaitan dengan dunia pemerintahan saja.

Mereka juga diberikan ilmu yang berkaitan dengan dunia bisnis. Lulusan ini akan diberi pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola bisnis dalam skala nasional maupun internasional.

9. Jurnalis
Tidak hanya lulusan Jurusan Komunikasi saja yang bisa menjadi seorang jurnalis. Ternyata, lulusan HI juga bisa lho berkarier menjadi jurnalis! Mereka tak hanya berkarier sebagai jurnalis di negerinya sendiri, tapi di dunia internasional juga lho!

Sebelum dikirim ke luar negeri sebagai jurnalis, lulusan HI harus memiliki banyak pengalaman di dalam negeri terlebih dahulu. Kemampuan berpikir kritis yang dimiliki lulusan ini dalam memandang suatu isu, sangat dibutuhkan untuk melakukan investigasi dan reportase demi fakta yang akurat.

Itulah prospek kerja buat lulusan Hubungan Internasional. Dari kesembilan profesi di atas, mana yang ingin kamu tekuni setelah lulus nanti?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star