Hastag Campus

Gak Usah Panik Kalau Karir Gak Sesuai Jurusan, Asal Punya 6 Hal Ini

Bukan hal aneh setelah lulus kuliah, kamu malah mendapatkan pekerjaan yang gak sesuai dengan jurusan perkuliahan. Saat kamu dihadapkan dengan hal tersebut, memang sih bisa bikin panik. Soalnya, kamu jadi harus belajar dari nol lagi. Tapi, sadar gak sih, kalau kesuksesan itu bukan semata-mata ditentukan oleh jurusan kuliah yang kamu ambil lho. Tapi, ditentukan oleh beberapa sifat atau karakter yang penting dimiliki oleh semua orang. Sifat atau karakter inilah yang menjadi kompas bagi milenial untuk menyongsong tantangan zaman.

1. Adaptability
Adaptability berarti kemampuan untuk mudah beradaptasi dalam segala kondisi. Dilansir dari Vocabulary.com, Adaptability juga berarti kemampuan untuk bergeser, bereksperimen, dan berubah menyesuaikan tantangan yang dihadapi. Contohnya, jika kamu masuk ke lingkungan kerja yang baru, atau bergabung dengan komunitas yang baru, kamu yang punya sifat ini memiliki banyak kemampuan beradaptasi. Di atas kertas hal ini terasa sepele. Namun, pada kenyataannya gak semudah itu lho. Tapi, gak mustahil kok.

Salah satu cara untuk menjadi adaptable adalah mulai nyaman dengan ketidaknyamanan. Mulai beranikan diri hadapi kesempatan baru dan jangan tenggelam ketika mengalami kegagalan. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mulai memperbaiki mekanisme hidupmu. Mulai dari yang kecil-kecil saja dulu, seperti ketika tim favoritmu kalah telak kamu gak marah-marah lagi. Bisa juga dengan tetap menjaga kepala dingin saat menghadapi kekacauan lalu lintas.

2. Persistence
Pernah gak sih kamu penasaran sifat apa yang dimiliki oleh semua orang sukses? Bukan cuma prestasi akademik lho. Tapi, kegigihan atau persistence dalam jangka waktu panjang untuk menaklukkan rasa frustasi, kesusahan, kegagalan, ketakutan, dan ketidakpastian adalah ciri khas yang dimiliki oleh orang-orang sukses. Kalau kamu pintar secara akademik tapi gak punya kegigihan untuk menaklukkan tantangan, silahkan ucapkan selamat tinggal pada kesuksesan yang belum kamu raih itu ya. Pelan-pelan saja kalau belum mampu.

3. Social & Cultural Awareness
Social & Cultural Awareness adalah sadar akan dinamika sosial dan budaya yang berkembang di masyarakat. Sebenernya gak harus masyarakat luas sih, karena kesadaran ini juga bisa mulai dibangun dari lingkungan pertemananmu sendiri. Misalnya, kamu peka dengan apa yang sedang dirasakan oleh teman-temanmu, lalu mengulurkan bantuan kalau memang mereka berkenan. Salah satu cara membangun kesadaran ini adalah dengan melakukan observasi yang objektif, memahami, dan menerima adanya keragaman sosial dan budaya. Lambat laun, jiwa empatimu akan semakin terbentuk dan kamu akan memiliki sudut pandang yang lebih holistik ke orang lain deh.

4. Initiative
Pernah gak kamu membantu orang lain tanpa diminta atau kamu mengerjakan tugas tertentu atas keinginan kamu sendiri? Kalau iya, itu artinya kamu punya inisiatif yang tinggi lho. Tapi, apa sih inisiatif itu sendiri? Inisiatif adalah kemampuan untuk mengenali dan merespon suatu keadaan yang terkadang terjadi, tanpa harus mempertanyakan atau diperintahkan terlebih dahulu. Jadi, dorongan untuk berbuat sesuatu ini murni berasal dari diri kamu sendiri.

5. Leadership
Pernah gak kamu melontarkan kalimat “Ah ‘kan bukan aku ketuanya” ketika sedang kerja dalam sebuah tim? Kalau iya, wah harus dikurangi deh pola pikir semacam ini. Soalnya, leadership atau kepemimpinan ini bukan cuma berarti menjabat posisi ketua aja. Kepemimpinan adalah kemampuan untuk membangun visi, mengkomunikasikannya, dan memotivasi orang lain untuk mengikuti visi tersebut demi perubahan yang bermakna. Tapi, meskipun kamu gak jadi ketua dari sebuah tim, kamu sendiri adalah pemimpin lho, yaitu memimpin dirimu sendiri. Sadar gak sih, kalau kamu sendiri yang menentukan jalan hidupmu. Kalau kamu gak suka dengan keadaan hidupmu saat ini, pimpin dirimu sendiri menuju kehidupan yang kamu inginkan sendiri yuk.

6. Curiosity
Curiosity atau rasa ingin tahu yang tinggi adalah modal berharga yang harus kamu miliki. Di dunia ini masih ada banyak hal yang pastinya belum kamu ketahui. Tanamkan itu pada dirimu dalam-dalam ya. Soalnya, kalau kamu berpikir bahwa kamu tahu segalanya, kamu gak akan bisa berkembang. Jadi, yuk pelihara terus rasa ingin tahu, ingin belajar, dan ingin berkembang ini. Jangan takut keluar dari zona nyaman untuk melahirkan gagasan yang lebih baik.

Itu dia enam skills yang mampu mengantarkanmu menuju kesuksesan. Dengan menguasai skill itu semua, kamu jadi bisa bersaing di dunia kerja dengan penuh keyakinan.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star