Hastag Campus

Gak Cuma Modal, Ini 6 Tips Sukses Membangun Usaha Sendiri

Memulai usaha bukan hal yang susah. Dalam memulai usaha, kuncinya kamu harus memiliki ketekunan, keuletan dan pengalaman. Selain itu, menjadi orang yang terlibat langsung dalam perkembangan usaha sangat penting. Dengan terlibat langsung kamu dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada usahamu.

Lalu apa lagi tips sukses memulai usaha sendiri? Berikut deretan tips penting dalam membangun usaha. Pahami dan lakukan dengan sungguh-sungguh ya.

1. Pengalaman
Pengalaman sangat penting bagi kamu yang ingin terjun ke bidang bisnis atau usaha. Pengalaman di sini bukan hanya pengalaman membuka usaha sebelumnya, tetapi kamu harus memiliki pengalaman sesuai dengan usaha yang akan dibangun. Contohnya jika ingin membuat usaha kuliner, maka kamu harus paham cara membuatnya dan menemukan resep yang pas.

Baca juga: 5 Tips Sukses Mengikuti Ujian di Kampus dengan Sistem Close Book

2. Kualitas
Utamakanlah kualitas saat membuat usaha. Kualitas sangat penting baik bagi usahamu dan pelanggan. Kualitas yang baik akan memberikan kesan yang baik dan pelanggan akan senang membeli produk yang kamu tawarkan.

3. Meminta saran atau kritik
Biasakan untuk meminta saran atau kritik terutama pada orang yang sudah berpengalaman. Saran atau kritik akan membuatmu mudah dalam membangun dan mengembangkan usaha yang kamu miliki.

4. Jadilah orang yang terlibat langsung
Menjadi orang yang terlibat langsung dalam pembangunan atau perkembangan usaha sangat penting. Dengan terlibat langsung kamu dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada usaha yang dibangun.

Baca juga: Mau Kuliah ke Luar Negeri? Pastikan 5 Hal Ini Sudah Dipertimbangkan

5. Mengatur keuangan
Sebagai seseorang yang baru saja merintis usaha, sebaiknya kamu perlu manajemen keuangan dengan baik. Pisahkan untuk kebutuhan pribadi dan kebutuhan usaha. Karena manajemen keuangan yang baik merupakan kunci sukses dalam membangun usaha.

6. Fokus pada usaha yang baru dirintis
Sebaiknya kamu fokus terhadap usaha yang baru kamu bangun. Fokus terhadap apa yang baru itu sangat penting, karena usaha yang baru membutuhkan perhatian khusus. Nah saat usaha itu sudah sukses baru kamu bisa memikirkan untuk membangun usaha lain, atau membuat cabang untuk usahamu.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star