Hastag Campus

5 Tips Temukan Semangat Kuliah untuk Kamu yang Merasa Salah Jurusan

Kuliah merupakan jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk mempersiapkan masa depan, sehingga jurusan yang dipelajari di bangku kuliah akan menjadi bekal untuk terjun ke dunia kerja.

Namun, masih ada orang-orang yang merasa salah jurusan meskipun sudah terlanjur jauh menjalaninya. Perasaan seperti itu belum tentu sepenuhnya benar, lho. Mungkin perasaan itu hanya bagian dari fase jenuh kuliah. Jika kamu termasuk salah satunya, ikuti 5 tips ini untuk temukan semangat baru agar tidak langsung menyerah. Check it out!

1. Singkirkan semua pikiran negatif tentang jurusan yang sedang kamu jalani
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah pola pikir. Jika penyebabnya adalah karena kamu tidak menyukai jurusan itu, maka kamu harus berhenti berpikir negatif tentang jurusan itu.

Cobalah untuk lebih menyukainya agar kamu tidak merasa bosan. Bayangkan, jika kamu pindah ke jurusan lain tapi ternyata tetap merasakan hal yang sama, jadi sia-sia, kan? Jadi, pindah jurusan bukanlah satu-satunya jalan karena kamu malah bisa kehilangan waktumu.

2. Temukan teman-teman yang asyik dan membuatmu betah belajar
Selain dimulai dari diri sendiri, kamu juga perlu mendapat dukungan dari lingkungan sekitarmu.

Mulailah mencari teman-teman yang membuatmu betah mempelajari jurusan itu. Tujuannya agar kamu semakin paham dan tidak bosan mempelajarinya. Percayalah, passion juga bisa terbentuk dari kebiasaan mempelajari sesuatu, lho.

3. Cari tahu peluang karier yang berkaitan dengan jurusanmu
Perasaan salah jurusan juga bisa terjadi karena minimnya informasi tentang prospek karier jurusan itu.

Setiap jurusan pasti punya peluang karier, tidak terkecuali dengan jurusan yang kamu saat ini. Kamu hanya perlu menggali informasi lebih dalam tentang peluang karier jurusanmu. Dengan begitu, kamu akan sadar bahwa jurusanmu itu ternyata punya peluang besar untuk membuatmu sukses.

4. Baca kisah hidup orang-orang yang sukses dari jurusanmu
Biar tambah semangat, kamu juga bisa mencari tahu kisah hidup orang-orang sukses yang berasal dari jurusanmu.

Selain membaca, kamu juga bisa mengetahui kisahnya dengan menonton berbagai film biografi. Dijamin, kamu akan semakin termotivasi untuk bisa berhasil. Mereka yang berasal dari jurusanmu saja sudah membuktikan bahwa mereka bisa sukses, kamu juga pasti bisa seperti mereka jika serius menekuni jurusanmu.

5. Ingatlah keluargamu yang menaruh harapan besar padamu
Yang satu ini juga tidak kalah penting. Ingatlah keluargamu yang menaruh harapan besar pada kesuksesanmu. Daripada mundur dan menyerah, lebih baik kamu mencoba untuk menikmati proses belajar di jurusan itu, sehingga harapan mereka untuk bisa melihat kamu cepat lulus dan menjadi orang sukses bisa segera terwujud.

Nah, itulah beberapa tips meningkatkan semangat jika merasa salah jurusan. Percayalah, bisa jadi kamu hanya jenuh atau pesimis dengan prospek jurusan itu. Ingat, jurusan itu merupakan keputusan yang sudah kamu buat, belajarlah bertanggung jawab dengan apa yang sudah menjadi pilihanmu. Selamat berjuang!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star