Hastag Campus

Berkat 5 Cara Ini Kamu Bisa Jadi Murid Teladan, Meski Nilai Pas-pasan

Tentu kita semua tahu, jika di sekolah tak hanya mengajarkan satu- dua mata pelajaran saja. Melainkan ada banyak, bahkan hingga belasan jumlahnya. Menghadapi begitu banyaknya materi dan dituntut untuk bisa menguasai semuanya, tak jarang membuat banyak murid kewalahan. Ditambah lagi, masih ada saja guru dan orang tua yang menjadikan nilai akademis yang bagus, sebagai tolok ukur kepintaran siswa.

Gak heran, jika predikat sebagai siswa teladan di sekolah, masih didominasi oleh para siswa yang pandai dalam menguasai semua mata pelajaran. Nah, jika kamu termasuk siswa yang lemah di mata pelajaran, jangan berkecil hati dulu.

Kamu tetap bisa menarik perhatian guru dan menjadi siswa teladan dengan mengamalkan lima cara berikut. Dijamin, kamu bakal jadi sorotan dan gak kalah dari siswa pandai lainnya.

1. Menaati peraturan sekolah dan jangan terlibat masalah
Hal pertama yang harus kamu ingat adalah, jangan sampai membuat atau terlibat masalah di sekolah. Kamu harus pandai dalam memilih teman. Bukannya mau main aman, tapi jika kamu sampai terjerumus ke pergaulan yang salah, bisa jadi kamu dikenal guru bukan karena prestasi tapi sekadar sensasi alias trouble maker. Gak mau kan, sampai itu terjadi?

Baca juga: 6 Kelebihan Ini Bisa Kamu Dapatkan Saat Kerja Sambil Kuliah!

2. Sebisa mungkin jangan banyak absen apalagi membolos
Tidak masuk sekolah karena sakit atau ada urusan keluarga, adalah hal yang wajar. Tapi sebisa mungkin jangan sekali-kali membolos. Semalas apa pun kamu dengan rentetan mata pelajaran hari itu, sebaiknya bolos bukan jadi solusi yang dipilih.

Cobalah untuk bertahan, dan ikuti jam pelajaran dengan tertib. Kebiasaan membolos hanya akan membangun image kalau kamu itu siswa yang malas.

3. Kembangkan potensimu dengan mengikuti ekstrakurikuler
Di setiap sekolah tentu memiliki banyak pilihan ekstrakurikuler. Nah, coba deh kamu ikut setidaknya salah satu di antaranya. Sesuaikan kegiatan yang kamu pilih dengan minat serta bakat yang kamu miliki. Sehingga kamu bisa menjalaninya dengan senang dan penuh semangat. Selain untuk mengisi waktu luang, ekstrakurikuler juga bisa menambah nilai, serta mengembangkan telenta yang kamu miliki.

Baca juga: 6 Tips Agar Kamu Gak Malas Membaca Lagi, Semangat Yuk!

4. Tunjukkan prestasimu di luar akademik
Buntut dari kamu rajin mengikuti esktrakurikuler, adalah kamu bisa meraih prestasi di luar akademik. Boleh saja nilai matematikamu pas-pasan, tapi setiap mengikuti lomba renang antar SMA kamu selalu bisa meraih juara pertama.

Pasti prestasi itu akan membuat para guru dan orang tuamu bangga. Selain itu, kemampuan yang kamu miliki ini, bukan gak mungkin akan menjadi modal buatmu menghadapi masa depan, lho. Siapa tahu, kelak kamu bisa jadi atlet, atau guru privat renang.

5. Coba ikut bimbel untuk memaksimalkan belajarmu
Meskipun lemah di pelajaran sekolah, tapi kamu harus tetap mendapat nilai yang cukup dan naik kelas. Nah salah satu caranya, adalah dengan ikut bimbingan belajar atau bimbel. Siapa tahu, metode belajar yang diajarkan di bimbel lebih bisa kamu terima, dibandingkan saat di sekolah.

Bimbel juga membuatmu lebih fokus belajar, karena biasanya jumlah siswa di kelas tidak banyak. Sehingga, kamu bisa memperbaiki nilaimu sedikit demi sedikit di sekolah nanti.

Nah, itu tadi lima cara yang bisa kamu coba untuk tetap jadi siswa teladan, meskipun nilai rapotmu pas-pasan. Gak selamanya kok, kepandaian seseorang diukur dari nilai cemerlang yang dia capai.

Tiap orang punya keunggulannya masing-masing, jangan pernah merasa rendah diri, karena tentu saja kamu juga bisa meraih sukses dengan caramu sendiri.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star