Hastag Campus

Pastikan Kamu Melakukan 5 Hal Ini Sebelum Lulus Kuliah

Tak terasa, saat ini kamu telah duduk di bangku kuliah. Kehidupan yang jelas berbeda dengan bangku sekolah, bukan? Di fase ini, kamu sudah harus mulai mempersiapkan masa depanmu. Masih bingung caranya? Lakukan lima hal berikut ini sebelum kamu lulus kuliah!

1. Temukan passion-mu
Hal ini mungkin terdengar klasik, tapi memang harus segera kamu lakukan. Tujuannya adalah agar kamu tahu apa yang kamu ingin lakukan setelah lulus kuliah. Itulah sebabnya kamu harus segera mengetahui apakah bidang kuliahmu adalah passion-mu atau ada hal lain yang ingin kamu kerjakan.

Apabila bidang kuliahmu saat ini merupakan passion-mu, kamu harus bersyukur dan teruslah fokus mengejar kemampuan di bidang tersebut. Namun, apabila tidak, kamu tidak perlu langsung berpindah jurusan. Kalau memang kamu ingin berpindah dan waktunya juga memungkinkan, lakukan! Namun, jika tidak, tetaplah di jurusanmu, selesaikan kuliah sebaik mungkin sambil kamu memperdalam passion-mu.

Buat kamu yang belum menemukan passion, teruslah mencari. Caranya, kamu bisa bergabung dengan organisasi atau komunitas yang menurutmu itu menarik. Di sana kamu bisa belajar dengan anggota yang memiliki berbagai latar belakang sehingga kamu memperoleh gambaran mengenai passion-mu.

2. Mulai berbisnis
Banyak pengusaha sukses yang menyesal mengapa mereka tidak mulai berbisnis saat kuliah. Inilah sebabnya kamu harus mulai berbisnis sesegera mungkin. Walaupun bisnis bukan passion-mu, tapi dari sini kamu belajar banyak hal. Kamu akan belajar komunikasi, manajemen diri, waktu, uang, dan banyak aspek lainnya yang berguna sebagai bekal kalian saat lulus nanti.

3. Mulai bekerja atau magang
Sebagian besar mahasiswa masih ingin menghabiskan waktunya dengan nongkrong dan main. Mereka malas untuk magang atau mulai bekerja. Akibatnya, mereka tidak siap menghadapi dunia setelah lulus kuliah.

Sama halnya dengan berbisnis, kerja atau magang juga melatihmu untuk siap menghadapi fase kehidupan berikutnya setelah lulus. Pengalamanmu dari bekerja atau magang dapat menjadi nilai lebih pada CV-mu yang akan dijadikan pertimbangan oleh perusahaan untuk memprioritaskanmu.

4. Latih kemampuan bahasa asing
Di era kini, kamu akan bersaing dengan semua orang di dunia. Oleh karena itu, kemampuan dalam menguasai bahasa asing harus segera kalian miliki. Melatih bahasa asing tidak selalu harus di tempat kursus.

Kamu bisa belajar dari platform digital, tapi yang pasti kuncinya adalah practice. Kamu bisa mulai dengan menyelipkan beberapa kata asing dalam percakapan kamu hingga kamu terbiasa melakukannya.

5. Kuasai software tertentu
Gagap teknologi adalah hal yang “haram” di era digital saat ini. Kamu harus membiasakan diri dengan teknologi karena perkembangan teknologi yang begitu pesat tidak bisa dihindari. Kemampuan dalam menguasai software pada komputer juga menjadi persyaratan utama bagi banyak perusahaan saat ini.

Software dasar yang harus kamu kuasai adalah Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint). Lainnya, kamu bisa menyesuaikan dengan passion-mu. Sama halnya dengan teknologi lainnya, software juga terus mengalami pembaruan sehingga kamu dituntut untuk terus update dan mau belajar.

Jadi, mana yang sudah kamu lakukan?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star