Hastag Campus

5 Tips Mudah Belajar SBMPTN di Tengah Kesibukan Kegiatan Sekolah

Untuk kamu kelas XII yang lagi pusing banget, antara pengen belajar atau main, disini akan dibahas guys gimana cara belajar SBMPTN yang efektif ditengah kesibukanmu loh! Lelahnya tugas disekolah, ditambah lagi godaan temen-temen kamu yang ngajakin nongkrong, main, dan sebagainya bikin kamu bingung plus frustasi mau belajar, tapi malas kalo gabelajar takut gagal ujian SBMPTN-nya, terus udah paksain belajar liat buku bawaanya pengen tidur. So kali ini aku akan bagi tips-tipsnya semoga bermanfaat guys. Enjoy it!

1. Buat Schedule!
Ini penting banget buat kamu guys, sebagai awal strategi hehe, kita harus bikin schedule yah kayak plan gitu sih biar lebih gampang buat atur waktu kamu, antara kesibukan kamu disekolah sama bisa atur waktu buat belajar juga. Oiya aku saranin buat jadwalnya dari kamu bangun tidur sampe kamu tidur lagi, dan kalo dilaksanain bener-bener yakin deh belajar SBMPTN kamu bisa fokus!

2. Hindari Handphone!
Nah ini salah satu strategi yang paling mujarab menurut aku, soalnya pengalaman sih. Percuma aja udah bikin schedule bagus-bagus tapi pas belajarnya malah megangin hape terus, pantengin media social terus, bales chat doi. Padahal guys kalian tau ga sih waktu yang kalian pake buat hal-hal diatas itu mungkin bisa kalian pakai buat bahas soal sekitar 3-5 soal guys. Jadi ini nih yang HARUS banget kalian jalani. Gapapa guys demi masa depan kayak pepatah “bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemuadian.” Gapapa deh sementara ga pentingin media sosial yang penting masuk UNIVERSITAS IDAMAN.

3. Latihan soal, bukan menghafal.
Nah selanjutnya itu sering-sering latihan soal guys, ini bakal mengasah kemampuan otak kita trus kita juga jadi belajar memahami berbagai tipe soal. Dan buat kamu yang ingin fokus SBMPTN aku saranin lebih banyak latihan soal ketimbang menghapal, ini bedasarkan pengalaman aku dan teman-temanku disekolah dan kalo lagi ada pelajaran kosong disekolah mending ke perpustakaan sekolah dan latihan soal ketimbang ngegosip sama temen guys atau kekantin wkwk. Mempelajari materi juga penting, tapi bukan menghapal ya tapi dipahami.

4. Rajin-rajinlah mengikuti TRY OUT
Event ini wajib kamu ikuti guys, biar kamu tau segimana kemampuan kamu dengan teman-teman seperjuangan kamu. Bisa liat juga apakah kamu dapat melampaui target kamu atau turun! Dan sering-seringlah ikuti event ini, sangat bermanfaat.

5. Refreshing!
Setiap orang punya titik jenuh guys, kalo kalian emang pusing dan sudah ga punya semangat buat belajar, jangan dipaksain aku tekankan jangan DIPAKSAKAN. Lebih baik kalian gunakan waktu kalian buat refreshing kayak main ke alam, main sama temen, buat menata semangat kalian buat belajar hehe.

Oke guys, segitu dulu ya tipsnya semoga bermanfaat. Semangat mengejar impian kalian!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star