Hastag Campus

Lakukan 5 Teknik Pomodoro Agar Belajarmu Lebih Efektif

Teknik pomodoro adalah teknik memanagement waktu dengan baik, teknik ini dipercaya lebih efektif dan lebih efisien. Karena di dalam teknik pomodoro ini kita tidak diharuskan untuk belajar terus menerus, berjam-jam tanpa henti, dan tanpa waktu istirahat, seperti halnya SKS(sistem kebit semalam). Justru hal itu akan membuat kita nge-blank, karena porsi belajar yang terlalu berlebih.

Nah, belajar dengan teknik pomodoro ini kita tidak akan bosan untuk belajar dan melatih kemampuan kita untuk lebih fokus dalam belajar. Yuk! Simak 5 cara belajar dengan teknik pomodoro!

1. Tentukan materi pelajaran yang akan kamu pelajari terlebih dahulu
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan materi atau topik apa yang akan kamu pelajari terlebih dahulu, Usahakan untuk mempelajari materi yang menurut kamu mudah dulu. Lalu setelah itu meningkat ke yang lebih sulit setelah kamu berhasil memahami satu materi pelajaran.

Baca juga: 6 Kelebihan Ini Bisa Kamu Dapatkan Saat Kerja Sambil Kuliah!

2. Lalu, pasang stopwatch selama 25 menit ketika kamu sedang mempelajari materi
Hapalkan sekaligus pahami materi atau topik yang kamu pelajari selama 25 menit, jangan lupa untuk memasang stopwatch ya.

3. Coba untuk fokus pada materi yang kamu pelajari selama 25 menit
Usahakan untuk tetap fokus selama kamu mempelajari materi atau topik tersebut selama 25 menit. Untuk hal ini alangkah baiknya kamu memilih ruang belajar yang tenang dan sepi agar tidak terganggu, misalnya di kamar atau di tempat-tempat yang menurut kamu sepi dan tenang. Jangan sampai memilih tempat yang justru malah membuat kamu gak fokus ya.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Kerja Sambil Kuliah

4. Setelah waktu 25 menit berlalu, gunakan waktu 5 menit untuk istirahat
Setelah 25 menit berlalu, gunakan waktu selama 5 menit untuk istirahat terlebih dahulu. Tetapi jangan gunakan waktu 5 menit itu untuk memainkan gadget ya. Alangkah baiknya jika kamu menggunakan waktu 5 menit itu untuk menggerak-gerakan tubuh agar kembali segar, atau melakukan aktifitas yang tak sempat kamu lakukan. Agar otak kembali fresh dan siap untuk kembali menerima asupan materi.

5. Setelah istirahat 5 menit, ulangi kembali materi yang kamu pelajari selama 25 menit, hingga kamu pahami
Setelah 5 menit berlalu, pelajari kembali materi atau topik yang belum kamu pahami selama 25 menit, pada tahap ini barulah kamu pelajari materi yang lebih sulit, seperti soal hitungan. Lakukan siklus 25 menit pelajari materi kemudian 5 menit istirahat sampai kamu benar-benar memahami materi yang kamu pelajari.

Nah, itu dia 5 cara melakukan teknik pomodoro yang bisa kalian coba di rumah, selalu semangat dan berdoa. selamat belajar!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star