Hastag Campus

Gak Usah Takut! Terapkan 7 Tips Sebelum Menghadapi Ujian Matematika

Pelajaran matematika seringkali menjadi pelajaran yang paling tidak disukai oleh banyak orang. Ujian matematika pun menjadi beban bagi banyak orang karena dianggap sangat sulit.

Nah, kali ini ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan sebelum menghadapi ujian matematika. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk kita simak penjelasannya!

1. Jangan dihapal melainkan pahami konsepnya
Tips pertama dalam belajar matematika adalah dengan memahami konsep dari pelajaran matematika itu sendiri. Kesalahan yang sering dilakukan adalah menghafal rumus dan menghafal cara pengerjaan soal matematika.

Misalnya dalam pelajaran statistika, konsep dasar yang paling sering digunakan adalah probabilitas yaitu konsep menghitung kemungkinan suatu peristiwa akan terjadi. Yang harus kamu pahami adalah langkah-langkah pengerjaannya bukan menghafal cara membuatnya.

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Tugas Kuliah Banyak itu Bermanfaat untuk Masa Depanmu

2. Tinjau kembali kesalahan saat mengerjakan soal
Setiap mengerjakan soal matematika, tinjau kembali letak kesalahan yang terjadi. Misalnya pahami apa yang menyebabkan jawaban yang didapatkan salah. Kesalahan bisa saja terjadi karena salah perhitungan atau kamu salah menggunakan rumusnya. Setelah menemukan letak kesalahannya, perbaiki dan temukan jawaban yang benar.

3. Catat istilah-istilah yang ada dalam pelajaran matematika
Dalam pelajaran matematika, terdapat banyak istilah-istilah yang berbeda satu sama lain. Misalnya dalam pelajaran geometri terdapat beberapa istilah postulat, teorema dan aksioma. Jangan lupa untuk mencatat pengertian dan memahami maksud dari pengertian istilah tersebut.

4. Belajar di tempat yang tenang
Saat mempelajari soal matematika usahakan pilih tempat yang tenang dalam belajar. Selain itu, jauhkan juga gawai agar kamu tetap fokus dalam belajar. Jika ingin belajar sambil mendengar lagu, pilih lagu yang tenang agar fokus kamu tidak teralihkan dengan lagu yang kamu dengarkan.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Mata Pelajaran yang Tidak Kamu Suka

5. Berdiskusi dengan guru atau teman
Jika ada soal yang tidak bisa kamu kerjakan, mintalah bantuan guru atau berdiskusilah dengan teman kamu. Dengan melakukan hal tersebut, kamu juga bisa mendapatkan cara-cara baru dalam menyelesaikan soal matematika.

6. Hindari menggunakan sistem kebut semalam
Sistem kebut semalam merupakan istilah yang berarti belajar di hari terakhir sebelum ujian. Dalam menghadapi ujian matematika, lebih baik kamu mempelajarinya jauh-jauh hari, dengan begitu kamu akan mempelajari lebih banyak materi dan juga akan lebih siap dalam menghadapi ujian.

7. Berlatih soal matematika sebanyak mungkin
Perlu diingat kalau matematika merupakan pelajaran yang membutuhkan pemahaman bukan menghapal. Dengan banyak berlatih, kamu akan lebih memahami materi pelajaran dan tentunya kamu akan menjadi lebih siap dalam menghadapi ujian.

Itulah ketujuh tips sebelum menghadapi ujian matematika. Jangan lupa diterapkan ya! Sukses ujiannya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star