Hastag Campus

5 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan sebelum Pilih Kuliah Online

Zaman sekarang gak hanya belanja dan belajar sistem online saja yang digandrungi, kuliah online yang dinilai lebih fleksibel juga marak diminati. Ya, buat kamu yang sudah punya kesibukan bekerja atau tanggung jawab berumah tangga, kuliah online bisa jadi pilihan menimba ilmu yang pas karena gak terikat jarak dan waktu, kamu bisa menimba ilmu dimana pun.

Tapi, meski pendidikan sudah dipermudah dengan sistem online, nyatanya masih ada saja faktor yang bikin proses belajarmu kurang lancar. Untuk itu demi kesuksesan kuliahmu, berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum pilih kuliah online.

1. Pertimbangkan antara tujuan, latar belakang pendidikan dan passion yang kamu miliki
Entah itu kuliah tatap muka atau online, poin pertama tentu kamu harus memilih jurusan yang tepat. Sebelumnya kamu harus paham tujuanmu mengambil program kuliah online, apakah untuk meningkatkan karir, mengejar promosi jabatan atau ingin meningkatkan keahlian di bidang tertentu misalnya. Memilih jurusan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan juga perlu kamu pertimbangkan karena bisa menunjang dan mempermudahmu menguasai bidang keilmuan.

Pahami juga passion yang kamu punya, apakah relevan dengan jurusan yang bakal kamu ambil? Menggeluti bidang yang kamu punya kegemaran di dalamnya, tentu lebih baik daripada jurusan yang bukan ‘duniamu’ sama sekali. Pastikan alasan mana yang paling kuat untuk kebaikan masa depanmu.

Baca juga: 5 Waktu yang Bisa Kamu Manfaatkan untuk Belajar Meski Kuliah Sambil Kerja

2. Kenali jam kuliah dan sistem belajar
Universitas atau institusi yang menyediakan kuliah online bisa kamu pilih dari dalam maupun luar negeri. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya dari setiap universitas yang kamu minati karena setiap kampus mungkin saja memiliki sistem yang berbeda. Misalnya, ada yang mewajibkan pertemuan dua kali dalam satu semester atau keseluruhan proses perkuliahan dilakukan secara online dan baru bertatap muka jelang ujian.

Buat kamu yang memilih kuliah online di universitas luar negeri, perhatikan pula perbedaan waktu. Sebab kelas online kadang dilakukan secara teleconference mengikuti jam di negara tersebut. Jangan sampai kamu skip kelas karena gak memperhatikan perbedaan waktu. Perhatikan pula setiap deadline tugas yang harus dikumpulkan dan seperti apa teknisnya. Disiplin dalam kuliah online justru lebih sulit karena gak ada teman yang mengingatkan. Jangan sampai kamu kehilangan nilai karena kelalaian satu ini.

3. Cek akreditasi program kuliah yang kamu minati
Akreditasi menjadi jaminan kualitas program kuliah yang diakui banyak pihak. Selain berpengaruh pada sifat kompetitif dalam ketenagakerjaan, akreditasi bahkan bisa berpangaruh pada kelayakan untuk memperoleh bantuan keuangan dari pemerintah pusat dan negara bagian.

Sebelum mendaftar, kamu perlu memeriksa akreditasi jurusan pilihanmu di universitas yang menyediakan kelas online. Misalnya, akreditasi Amerika bisa kamu cek di chea.org, sedangkan di Indonesia kamu bisa cek status akreditasi kampus di Kemenristekdikti.

Baca juga: 5 Dampak Positif Ketika Kamu Tidak Datang Terlambat ke Kuliah

4. Cek persyaratan kuliah online termasuk biaya
Supaya bisa mengikuti kuliah online sesuai budget, kamu perlu melakukan perbandingan biaya program kuliah di beberapa universitas, jangan sampai kamu pilih anggaran kelas online yang bikin jebol tabunganmu di tengah jalan. Kamu juga harus teliti, sebab ada juga yang biaya kuliahnya terkesan murah, tapi ternyata kamu harus membayar uang lebih banyak untuk biaya lain dalam proses pembelajaran.

5. Kamu harus punya fasilitas belajar yang mendukung
Dalam praktiknya, sistem pembelajaran kuliah online bakal memanfaatkan teknologi internet baik dalam teleconference atau pengumpulan tugas berbentuk file. Pastinya kamu harus melek IT dan punya perangkat hardware dan software yang mendukung proses belajarmu. Pastikan kamu punya spesifikasi perangkat komputer atau laptop yang mampu menjalankan program-program kuliah online dengan lancar.

Itulah poin-poin yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai kuliah online. Selain hal-hal urgen di atas, yang gak kalah penting adalah tekad yang kuat dalam mengatur waktu antara kesibukanmu bekerja dan menimba ilmu dalam kuliah online. Kalau semangat dan komitmenmu kuat, kamu pasti bisa menyelesaikannya dengan sukses.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star