Hastag Campus

Berbanggalah, Ini 6 Keuntungan Melakoni Kuliah Sambil Kerja

Aktivitas perkuliahan sebenarnya bisa banget untuk dilakoni bebarengan dengan bekerja. Buktinya, hari gini, tidak sedikit mahasiswa yang mulai mengais rejeki dari jerih payahnya sendiri.

Nah, buat kamu yang sedang kuliah sambil bekerja, atau pengen menjalani keduanya tapi masih ragu-ragu, simak 6 keuntungan yang kamu dapatkan saat melakoni kegiatan sambil bekerja.

1. Menjadi sosok yang disiplin
Jika kamu menjalankan kedua tanggung jawab pendidikan dan profesional secara selaras, selamat, artinya kamu sudah menjadi sosok yang disiplin.

Sebab, gak mudah lho untuk bekerja sekaligus kuliah. Masuk dan pulang kuliah harus tepat waktu, biar urusan pekerjaan gak keteteran. Kalau diberi tugas oleh dosen, langsung dikerjain biar tidak mengganggu pekerjaan. Begitu pula sebaliknya.

Baca juga: Ini 5 Tips Jitu Agar Kariermu Terus Meroket di Kantor!

2. Kamu bisa lebih menghargai waktu
Tak dipungkiri, bekerja sekaligus berkuliah itu bikin kita lebih menghargai waktu. Ketika kamu sedang ada janji dengan orang lain, kamu akan datang tepat waktu karena mungkin saja orang tersebut punya urusan penting setelahnya.

Di waktu luang, kamu bisa menghargai ‘me time’ atau ‘quality time’ dengan rekan-rekan terdekat akibat waktumu yang tergerus rutinitas.

3. Kamu akan berusaha menghargai jerih payahmu
Bekerja sambil berkuliah akan membuatmu lebih menghargai jerih payahmu sendiri. Pendapatan mungkin tak seberapa, tapi rasa bahagia akan mengiringimu mensyukuri hasil kerja kerasmu selama ini.

4. Belajar tanggung jawab
Kuliah dan bekerja menuntut kamu untuk bisa berbagi tanggung jawab. Tugas kuliah harus diselesaikan, tapi tugas di tempat kerja sudah menanti untuk digarap. Orang yang kuliah sambil bekerja umumnya adalah orang bertanggung jawab karena mereka dapat menyelesaikan dua tugas bersamaan.

Baca juga: Mahasiswa Wajib Baca, Ini 5 Tips Hadapi Teman Kelompok yang Pemalas

5. Punya kecakapan akademis dan non-teknis
Perkuliahan akan mengasah kecakapanmu di bidang akademis, tapi pergaulanmu di luar ruang kelas akan membantumu menumbuhkan kemampuan non teknis (softskill). Kemampuan non teknis ini tak kalah pentingnya dengan kemampuan akademis.

6. Punya segudang pengalaman
Bekerja sambil berkuliah tentu akan menambah deretan pengalaman berharga buatmu. Pengalaman ini bisa berupa caramu mengatur waktu, berkejaran dengan ritme kerja dan kuliah, dan belajar bertanggung jawab terhadap pilihan hidup.

Nah, itulah enam keuntungan kuliah sambil sekaligus bekerja. Banyak nih manfaatnya, asal kamu pandai mengatur waktu dan bertanggung jawab terhadap pilihanmu.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star