Hastag Campus

5 Waktu yang Bisa Kamu Manfaatkan untuk Belajar Meski Kuliah Sambil Kerja

Kuliah sambil bekerja, pasti sedikit sekali waktu yang dapat dipergunakan untuk belajar. Kerap hati dirundung keinginan membuka catatan materi dari dosen, ketika pulang kuliah atau pulang kerja. Namun hati hanya bisa berniat, malas keburu datang.

Lelah karena aktivitas membuat kita menyampingkan hal itu semua. Mengikuti rasa malas dan lelah membuat kita makin betah untuk tidak belajar. Kamu pasti tidak mau kan disebut sarjana abal-abal, kuliah memakan waktu lama tapi tidak paham dan mungkin tidak tahu dengan materi perkuliahan.

Maka dari itu, 5 waktu terbaik untuk belajar ini perlu kamu coba dan terapkan pada kehidupan sehari-hari. Terutama untuk kamu yang kuliah sambil kerja.

1. Ketika libur bekerja dan kuliah
Terus jalan-jalannya kapan dong? Kan kita butuh refreshing pikiran juga?

Pasti dari kamu ingin mengajukan pertanyaan seperti itu. Mengingat, liburan adalah waktu yang tepat untuk memulihkan pikiran dan batin agar segar kembali. Tapi tidak mengapa jika liburan masih diisi dengan waktu untuk belajar.

Jika dibuat perbandingan, waktu yang dihabiskan untuk jalan-jalan itu jauh lebih banyak ketimbang belajar. Jadi, buat kamu yang kuliah sambil bekerja. Manfaatkan waktu libur kerja dan kuliah untuk belajar.

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dilakukan Mahasiswa Biar Langsung Kerja Setelah Lulus

2. Saat sedang santai tanpa kegiatan apapun
Ketika sedang santai dirumah, sebelum mata memutuskan untuk melihat acara hiburan di TV. Kamu dapat belajar sejenak, dengan mengerjakan tugas-tugas kuliah mungkin atau seksdar membuka materi perkuliahan yang telah diberikan oleh dosen. Untuk meninjau kembali jika ada materi yang belum kamu pahami.

3. Berada di transportasi umum
Pergi ke kantor atau ke tempat kuliah menggunakan transportasi umum, membuat kamu dapat memanfaatkan waktu perjalanan untuk belajar. Hingga kendaraan yang kalian tumpangi, sampai ditempat tujuan. Daripada bermain gadget untuk atau tidur.

4. Hang out bersama teman
Masa hang out sama temen, belajar sih? Kenapa tidak? Apalagi ketika kamu jalan bersama teman-teman kampus. Provokasi saja mereka dengan membuka topik pembicaraan tentang materi perkuliahan di kampus. Peluang untuk kamu jika ada beberapa materi perkuliahan yang belum dapat dipahami. Sehingga dapat dibahas bersama teman-teman.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Impianmu Ingin Segera Tercapai, Fokus!

5. Bangun tidur di pagi hari
Jika masih memiliki waktu yang tidak mepet dengan jam aktivitas pagi seperti berangkat ke tempat kerja. Bangun lebih awal dan belajar. Menurut penelitian, ternyata belajar ketika bangun tidur dipagi hari lebih efektif dan otak dapat mudah dengan cepat menyerap materi belajar.

Pepatah mengatakan, “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.” Belajar secara konsisten walau tidak banyak yang akan dipelajari, lebih baik daripada tidak pernah sama sekali. Buang rasa malas, karena masa depan telah menantimu.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star