Hastag Campus

Mau Mendapatkan Beasiswa S2 Ke Luar Negeri? Ikuti Syarat Wajibnya!

Setiap tahunnya, banyak sekali terdapat beasiswa yang bisa kamu pilih. Setelah lulus sarjana, banyak dari kalangan muda yang memilih untuk mengembangkan karir atau dunia kerja. Namun tidak sedikit pula yang memilih jalan untuk meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya, yaitu S2.

Setiap tahunnya, banyak sekali terdapat beasiswa yang bisa dipilih. Hampir seluruh negara di dunia membuka tawaran beasiswa mulai dari kawasan Asia, Eropa, Australia, dan Amerika. Jadi, sangat banyak peluang beasiswa yang bisa didapatkan.

Namun ingat, mendapatkan beasiswa tentu bukan hal yang mudah. Kamu perlu banyak usaha dan tekad yang kuat untuk bisa mendapatkannya. Jika kamu ingin mendapatkan beasiswa S2, berikut beberapa syarat wajibnya!

1. Nilai TOEFL/IELTS yang Bagus
Hampir seluruh beasiswa memberikan syarat untuk sertifikat TOEFL/IELTS dengan nilai yang bagus. Maka sertifikat ini wajib untuk dimiliki jika ingin mendapatkan beasiswa. Biasanya standar nilai yang menjadi syarat masuk universitas luar negeri adalah TOEFL dengan minimal skor 550 (paper based), IELTS dengan minimal skor 6.0.

Baca juga: Mahasiswa Wajib Baca, Ini 5 Tips Hadapi Teman Kelompok yang Pemalas

2. Pengalaman kerja
Beberapa beasiswa S2 luar negeri memang memiliki syarat untuk harus mempunyai pengalaman kerja selama beberapa tahun. Meskipun ada beberapa beasiswa yang tidak mensyaratkan itu.

Namun, dengan memiliki pengalaman kerja akan semakin memudahkan kamu mendapatkan beasiswa. Ketika pada saat tes wawancara beasiswa, kamu bisa meyakinkan interviewer dengan pengalaman kerja yang cukup baik dengan memperlihatkan kesungguhan dan menekuni bidang yang kamu kerjakan.

3. Pengalaman Organisasi
Pengalaman organisasi merupakan hal yang cukup penting dalam mendapatkan beasiswa. Pengalaman organisasi sering ditanyakan pada saat tes wawancara beasiswa. Dengan berbekal pengalaman organisasi pada saat S1 dulu, tentu dapat memudahkan kamu nanti jika berorganisasi di luar negeri.

Baca juga: Mau Sukses Tes IELTS? 7 Hal Ini Sebaiknya Kamu Hindari

4. Prestasi dan karya
Prestasi dan Karya merupakan salah satu syarat wajib yang harus dimiliki para pemburu beasiswa. Dengan banyaknya prestasi dan karya yang kamu miliki, tentu akan menjadi pertimbangan alasan kamu meraih beasiswa. Karena, tentu juga universitas luar negeri mencari mahasiswa yang berkualitas dengan mempunyai banyak prestasi dan telah menghasilkan banyak karya berupa buku ataupun jurnal penelitian.

5. Rencana penelitian
Rencana Penelitian menjadi syarat wajib untuk dapat meraih beasiswa. Rencana penelitian dibuat untuk melihat keseriusan dan kesungguhanmu untuk kuliah di luar negeri. Karena, tujuan kamu ke luar negeri tentu bukanlah hanya bersenang-senang, tapi mengerjakan penelitian yang kamu rencanankan sendiri.

Semakin bagus dan menarik penelitianmu, tentu akan semakin menjadikan kamu meraih beasiswa. Jadi, buat rencana penelitianmu dari sekarang.

Itulah lima syarat wajib untukmu agar bisa meraih beasiswa S2 ke luar Negeri. Tapi jangan lupa iringi dengan usaha dan doa. Semangat ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star