Hastag Campus

Bukan Membuang Waktu, 5 Manfaat Berorganisasi yang Wajib Diketahui

Dunia kampus memiliki daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa. Mulai dari bertemu dengan orang baru dari berbagai daerah, gaya belajar yang berbeda dari bangku sekolah juga akan dirasakan ketika memasuki perkuliahan. Tak jarang para senior mulai mengajak untuk menjadi anggota organisasi di kampus.

Namun, banyak mahasiswa yang memilih menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang) padahal ada banyak hal yang dapat mereka pelajari selain dari tatap muka dengan dosen. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari berorganisasi. Ada apa saja ya?

1. Memupuk rasa percaya diri
Rasa percaya diri dapat tumbuh dengan berorganisasi. Organisasi melatih kita untuk mengungkapkan pendapat dan mengutarakannya ke forum. Organisasi juga menuntut kita untuk mau berbicara, bukan sekadar datang, duduk, dan mendengarkan saja. Hal ini sangat baik agar kita tidak minder bekerja di tengah masyarakat.

Baca juga: 5 Pertimbangan Mahasiswa dalam Memilih Lokasi KKN, Ada Pengalamanmu?

2. Melatih berpikir kritis
Organisasi juga melatih otak kita untuk berpikir kritis. Setiap organisasi tentu memiliki program kerja yang harus dibangun dan dijalankan. Biasanya bertujuan untuk memajukan dan mengharumkan nama kampus. Tak jarang proses menjalankan program tersebut membuat kita berpikir untuk membuat inovasi atau gebrakan-gebrakan yang baru.

3. Membangun pertemanan dengan orang
Dalam organisasi kita juga akan bertemu dengan orang banyak. Bisa dari kampus yang sama bahkan dari kampus lain. Secara tidak langsung membuat kita memiliki koneksi dengan banyak orang. Hal ini baik, jika sewaktu-waktu bertemu lagi dalam pekerjaan yang sama. Organisasi juga akan membentuk kita menjadi pribadi yang mudah bergaul dengan orang lain.

Baca juga: 5 Hal Ini Sering Disepelekan Para Pemburu Beasiswa, Pantas Saja Gagal!

4. Belajar merencanakan acara/kegiatan
Setiap organisasi pasti akan membuat kegiatan atau acara yang mendukung kampus. Dengan berorganisasi, kita akan belajar merencanakan kegiatan tersebut. Mulai dari membuat proposal sampai melaporkan hasil dari kegiatan. Hal ini juga membantu kita belajar membuat proposal agar tidak bingung saat menghadapi skripsi.

5. Belajar menjadi pemimpin
Organisasi juga mengajarkan kita menjadi seorang pemimpin yang baik. Belajar memimpin dan memanajemen dengan benar. Memimpin sekelompok orang tentu saja tidak mudah. Dengan berorganisasi ini, kita seolah dapat belajar merasakan menjadi pemimpin dan dipimpin. Kuliah tak hanya belajar dari tatap muka perkuliahan saja, melainkan dapat belajar dari banyak sisi termasuk organisasi.

Itulah 5 manfaat berorganisasi yang wajib kamu ketahui. Berorganisasi bukan sekadar membuang waktu dengan pulang malam, melainkan melatih kita menjadi pribadi yang mampu hidup dan bersosialisasi dengan baik bersama masyarakat.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star