Hastag Campus

6 Tips Agar Kamu Gak Malas Membaca Lagi, Semangat Yuk!

Malas membaca menjadi suatu problematika budaya di Indonesia. Minat baca masyarakat di Indonesia dinilai sangat minim dan tentunya ini sangat memprihatinkan. Padahal membaca memiliki banyak sekali manfaatnya, salah satunya memberikan wawasan atau pengetahuan seluas-luasnya mengenai dunia ini. Membaca berarti membuka jendela dunia yang tanpa batas dan berisi beraneka ragam informasi di dalamnya.

Bagi kamu yang merasa tidak tertarik atau malas untuk membaca baik itu membaca buku, koran, atau artikel di internet kamu harus melakukan sesuatu yang efektif untuk membuat dirimu tertarik untuk membaca apa pun itu.

Terdapat 6 tips yang bisa dilakukan agar kamu tidak malas lagi membaca. Berikut penjelasannya!

1. Selalu penasaran dengan hal yang baru
Pada dasarnya membaca untuk menggali informasi dikarenakan penasaran tentang suatu hal yang dianggap menarik baginya. Bagi orang yang selalu penasaran dengan hal baru pasti akan haus dengan wawasan atau pengetahuan yang berkaitan dengannya. Tetapi rasa penasaran tidak semata-mata muncul dalam dirimu.

Kamu perlu untuk selalu penasaran tentang apa-apa yang terjadi di sekitarmu atau di dunia ini. Rasa penasaran dan rasa ingin tahu akan memupuk rasa ingin untuk membaca. Jadi buat dirimu menjadi penasaran dan ingin tahu segala hal, ya!

Baca juga: Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Lakukan Saat Gagal Dapat Beasiswa

2. Membuka pikiran agar dapat menyerap informasi penting
Supaya kamu lebih tertarik membaca, kamu harus terbuka dalam menerima segala informasi penting. Ketika kamu bisa berpikir terbuka, kamu menjadi lebih mudah untuk terpengaruh dengan poin-poin penting dari apa yang kamu baca. Dengan begitu kamu bisa merasakan manfaat-manfaat dari membaca yang dapat menarik minat bacamu.

3. Menginspirasi diri dari tokoh-tokoh yang telah sukses
Ketika kamu merasa bosan dan malas untuk membaca, kamu bisa mencontoh para tokoh yang sukses karena berawal dengan gemar membaca seperti Dr. Drs. Mohammad Hatta dan Prof. Dr. B.J. Habibie.

Pada masa mudanya mereka menghabiskan banyak waktu untuk membaca buku sehingga mengantarkan mereka menjadi tokoh yang sukses dan sosok inspiratif bagi para generasi berikutnya. Gemar membaca buku bisa menjadikanmu seperti mereka, lho.

4. Mulai membaca dengan hal-hal yang disuka
Jika kamu fobia dengan buku atau media membaca lainnya kamu bisa mulai membaca dengan topik-topik yang kamu sukai. Kamu bisa membaca cerpen, novel atau yang lainnya yang dapat membuat ketertarikan dengan membaca.

Baca juga: 5 Tips Sederhana, Agar Hari-harimu Lebih Produktif

5. Mengembangkan minat baca dengan berbagai topik lainnya
Ketertarikan dengan membaca akan meningkat ketika kamu sudah banyak membaca topik-topik yang kamu sukai. Nah, setelah ketertarikan membaca sudah mulai tumbuh kamu bisa membaca topik lainnya yang lebih informatif seperti topik tentang kesehatan, inspirasi, teknologi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kembangkan minat bacamu dengan berbagai macam topik, ya.

6. Menulis kesimpulan
Nah, ini yang akan membuatmu merasakan indahnya membaca. Tulislah kesimpulan dari bacaan yang kamu baca dengan poin-poin penting di dalamnya. Menulis kesimpulan bacaan menjadikan aktivitas membacamu lebih efektif. Sehingga kamu menjadi lebih mudah memahami isi bacaan. Jadi jangan malas untuk menulis poin-poin penting atau kesimpulan ketika setelah membaca, ya.

Berikut tadi merupakan 6 tips agar kamu tidak malas lagi untuk membaca. Nantinya kamu sudah siap ketagihan membaca, nih?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star