Hastag Campus

6 Kelebihan Ini Bisa Kamu Dapatkan Saat Kerja Sambil Kuliah!

Jika kamu sudah memasuki semester akhir ataupun memiliki semester yang mempunyai waktu luang yang lebih banyak, alangkah baiknya waktu luang tersebut digunakan hal yang lebih produktif, misalnya bekerja sambil kuliah.

Mungkin kamu akan merasa lelah dan juga akan kurang waktu untuk beristirahat dan bermain bersama teman-teman. Namun di balik itu semua pasti ada kelebihan dari yang kamu lakukan.

Apa saja kelebihan dari kerja sambil kuliah? Yuk simak artikel di bawah ini!

1. Bisa memiliki uang saku lebih
Tujuan utama kamu bekerja sambil kuliah pastinya ingin mempunyai uang saku lebih. Hal itu bisa kamu dapatkan pastinya. Walaupun memang tidak seberapa uang yang kamu dapatkan dan tergantung kamu dibayar per hari, per minggu atau per bulan.

Mendapatkan uang saku lebih bisa jadi membuat kamu senang karena kamu seakan dihargai atas kerja kerasmu. Apalagi jika yang dilakukan adalah hobimu, maka carilah pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Impianmu Ingin Segera Tercapai, Fokus!

2. Lebih menghargai uang
Dengan bertambahnya uang saku yang kamu dapatkan, maka kamu harus lebih bijak menggunakan uang tersebut. Jangan sampai kamu terlena dan menjadi boros dengan adanya uang saku dari tempat kerja, tetapi alangkah lebih jika kamu menabungnya.

3. Belajar memahami situasi dunia kerja
Dengan bekerja sambil berkuliah, bisa dikatakan kamu sudah memasuki dunia kerja walaupun yang kamu lakukan hanya sebagian kecil dari pekerjaan aslinya atau kerja serabutan.

Meski begitu, akan ada banyak pengalaman yang bisa kamu dapatkan dan ilmu penting yang dibagikan oleh para senior di tempat kerja.

4. Belajar lebih menghargai waktu
Dengan padatnya kegiatan yang kamu jalani sehari-hari berkuliah di pagi dan siang hari serta bekerja di malam hari atau di hari libur, di sini kamu harus pintar-pintar mengatur waktu.

Selain mengatur waktu untuk berkuliah dan juga bekerja, kamu juga harus pintar mengatur waktu untuk beristirahat agar tubuhmu mampu bertahan di tengah padatnya aktivitas yang kamu lakukan sehari-harinya.

Baca juga: Dear Mahasiswa, Ini Lho 5 Hal Kecil yang Bikin Skripsimu Cepat ACC

5. Mendapat teman baru
Masuk ke dalam dunia kerja, pastinya kamu mendapatkan dunia baru, suasana baru, dan teman baru. Bukan hal yang tidak mungkin kamu mendapatkan teman seumuran di sana dan menjadi teman baik karena sering mengobrol dan bertukar pikiran saat kalian bekerja paruh waktu.

Oleh karena itu, janganlah kamu merasa takut bahwa waktu bermain atau bersosialisasi dengan teman kuliah akan berkurang karena kamu akan mendapatkan teman baru nantinya.

6. Menjadi lebih disiplin
Walaupun hanya bekerja paruh waktu, kamu bisa dibilang sudah memasuki dunia kerja. Selain belajar mengatur waktu, bekerja paruh waktu yang dilakukan sambil kuliah juga akan membuatmu belajar lebih disiplin.

Itulah hal-hal yang bisa didapatkan jika kamu bekerja sambil kuliah. Jika keadaan memungkinkan dan kamu bisa membagi waktu, maka tak ada salahnya kamu mengambil kerja paruh waktu.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star