Hastag Campus

5 Tips Mencari Pekerjaan, Full Time & Part Time Juga Bisa Lho!

Kalau kamu lagi pengin bekerja atau mencari kesempatan baru tapi bingung mulai mencari dari mana, kamu wajib lanjut baca. Di era serba digital ini mencari pekerjaan susah susah gampang.

Biar gak bingung ini dia 5 tips mencari pekerjaan full-time maupun part-time secara yang perlu kamu tahu!

1. Rajin bertanya di sela-sela obrolan
Bukan berarti pendiam nggak mungkin dapat kerja tapi memberanikan diri untuk bertanya itu terbukti efektif berpengaruh dalam hal ini lho! Sebaiknya kamu amati dulu lingkungan sekitarmu. Jika memungkinkan, teman-temanmu juga bisa menjadi relasi kok.

Bertemanlah dengan beberapa orang yang dapat mengantarkanmu pada calon pekerjaanmu ya. Namun ada yang perlu diingat, bahwa jangan berteman karena ada maunya saja. Menjadikan teman sebagai relasi itu baik, tapi berteman untuk mendapat relasi?

2. Cari pekerjaan online terlebih dahulu
Untuk mengisi waktu luang menunggu kabar berita para dokumen persyaratan lamaranmu yang telah dikirim. Kamu bisa terus mencari tahu lowongan pekerjaan yang memungkinkan untuk dimasuki.

3. Bagi pemburu kerja full time, nggak ada salahnya mencoba part time dulu!
Bagi kamu yang ingin bekerja full time, kamu bisa melakukan pekerjaan part time online terlebih dahulu seperti menerima jasa pengetikan tugas makalah, membantu pengisian survei atau menjadi admin toko online. Saat ini sudah banyak website dan platform yang menyediakan lowongan ini. Cari yang terpercaya, ya!

Kalau kamu cukup berbakat dalam berbisnis, kamu dapat memanfaatkan modal kecil untuk menjadi reseller terlebih dahulu. Atau jika kamu berbakat dalam teknologi dan multimedia, kamu bisa mencoba menerima pembuatan stiker, spanduk atau sejenisnya. Hasilnya lumayan lho!

4. Terus ikuti akun-akun lowongan pekerjaan
Jika dahulu orang tua kita mencari pekerjaan dengan pergi ke sana ke sini membawa-bawa dokumen. Di masa modern ini sudah banyak akun media sosial yang menyediakan informasi terkait lowongan pekerjaan.

Kita cukup merajinkan diri mengecek post akun-akun tersebut setiap hari. Karena terhubung dengan cukup banyak orang sangat memungkinkan adanya siapa cepat dia dapat.

Agar tidak rancu, ikutilah hanya akun-akun yang sering post tentang lowongan pekerjaan di sekitar wilayahmu atau wilayah yang kamu jangkau dan ingin. Cek lah secara berkala tapi jangan terlalu menekan diri.

5. Jangan lelah berdoa dan berusaha
Nah, berikutnya yaitu berdoa dan usaha. Berdoalah dulu ketika anda akan melakukan sesuatu termasuk mencari pekerjaan. Karena yang demikian cenderung mengarahkan kita pada tujuan dan jalan yang baik termasuk dalam hal ini.

Jangan lupa mengatur waktumu dengan baik. Manajemen waktu bagi seseorang yang ingin bekerja cukuplah penting. Semoga berhasil, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star