Hastag Campus

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Kerja Sambil Kuliah

Saat menonton film, KDrama maupun sinetron kita sering kali melihat mahasiswa yang bekerja paruh waktu di sebuah cafe. Pasti beberapa dari kita merasa kagum dengan hal tersebut karena dia dapat membagi waktu di antara kesibukan kuliahnya untuk menyempatkan waktu bekerja.

Buat kalian memiliki keinginan untuk mencoba bekerja sambil kuliah dan pengin tahu bagaimana rasanya kerja sambil kuliah? Apa saja hal yang harus dipersiapkan?

1. Waktu di luar jam kuliah
Ketika kuliah pastinya memfokuskan diri pada hal akademik. Namun, jika di antara kalian ada yang ingin bekerja paruh waktu, pastikan kalian memiliki waktu luang di antara jam-jam kuliah yang biasanya padat.

Hal ini harus dilakukan agar jam kuliah kita tidak terganggu dan juga agar kita dapat membagi waktu dengan baik antara perkuliahan dan juga pekerjaan jika memang nantinya kalian memutuskan untuk kerja sambil kuliah.

2. Kesiapan mental dan fisik
Dalam bekerja, selain kita harus bisa membagi waktu kita juga harus menyiapkan mental dan juga fisik. Dengan padatnya jam kuliah dan juga di malam hari ataupun hari libur kita bekerja paruh waktu artinya berkuranglah jam istirahat. Oleh karena itu kita harus menjaga fisik kita di antara padatnya kegiatan yang kita lakukan.

Dan untuk kesiapan mental, dunia kerja adalah dunia yang keras. Bukan hal yang tidak mungkin jika nantinya banyak permasalahan yang akan kita hadapi di dunia kerja nanti, oleh karena itu kita mesti menyiapkan mental kita untuk menghadapi masalah-masalah yang akan datang.

3. Tubuh yang kuat dan bugar
Padatnya kegiatan kita karena jam kuliah disertai dengan bekerja paruh waktu, energi yang terkuras akan lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itu, kita harus pintar membagi waktu istirahat dan juga menjaga pola makan agar tubuh tetap kuat dan bugar dalam menjalani kegiatan yang padat sehari-harinya.

4. Kegiatan lain di luar akademik
Selain berkuliah, mahasiswa biasanya mengikuti organisasi ataupun UKM untuk mengisi waktu luangnya. Jika kamu sudah mengikuti organisasi atau UKM di luar jam kuliah dan jadwalmu cukup banyak dan padat, cobalah berpikir ulang jika kamu ingin menambah kegiatan dengan bekerja paruh waktu.

Jika memang sudah padat dan juga kita ingin menambah kegiatan pastinya harus semakin pintar membagi porsi waktu untuk seluruh kegiatan. Jangan sampai keteteran dan menyiksa diri sendiri.

5. Izin dari orangtua
Semua yang kita lakukan semestinya berkonsultasi dengan orang tua. Sebelum kita memutuskan untuk bekerja sambil kuliah, kita haruslah meminta izin dari orang tua. Jika orang tua tidak mengizinkan, alangkah baiknya kita ikuti perkataan orang tua kita.

Bekerja tanpa seizin orang tua tidak akan baik untuk ke depannya.

Itulah hal-hal yang harus dipersiapkan kalian yang ingin bekerja sambil kuliah, jika kamu tertarik bekerja sambil kuliah, alangkah baiknya mengikuti hal-hal di atas agar meminimalisir risiko yang akan dihadapi nantinya.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star