Hastag Campus

5 Hal Ini Sering Disepelekan Para Pemburu Beasiswa, Pantas Saja Gagal!

Sering dianggap sepele, nyatanya para pejuang beasiswa memang terkadang sering mengabaikan hal-hal yang sederhana. Apalagi mengingat jumlah beasiswa yang sedikit dan tak seimbang dengan jumlah mahasiswa yang teramat banyak, pastinya peluang mendapatkan beasiswa makin sulit.

Tapi tentunya bukan berarti kita tak mempunyai kesempatan, karena rezeki itu harus dijemput, sama halnya dengan beasiswa. Nah, supaya peluang mendapatkan beasiswa semakin besar, ada baiknya kamu tak terus mengabaikan 5 hal berikut ini!

1. Kurang rajin mencari peluang beasiswa
Sebagaimana yang kita tahu, beasiswa yang disajikan memang banyak, tapi tak sebanyak mahasiswa yang aktif kuliah. Sebagai pemburu beasiswa, harusnya kamu rajin-rajin mencari peluang beasiswa dan jangan hanya berpangku tangan.

Beasiswa itu rezeki dan harusnya kita menjemput bukan hanya diam saja. Cobalah rajin-rajin buka website tentang peluang beasiswa agar peluang keberhasilanmu semakin besar pula.

Baca juga: 7 Mental yang Harus Kamu Kuatkan Saat Hadapi Ujian Semester

2. Tak jeli melihat peluang
Maksud tak jeli di sini adalah kurang mampu mencocokan kemampuan dan kualifikasi beasiswa yang tertera di persyaratan. Kalau kamu mahasiswa S2, carilah beasiswa untuk S2 misalnya atau mungkin kalau kamu aktif dalam berorganisasi maka carilah beasiswa leadership yang memang sesuai dengan kemampuanmu.

3. Menyepelekan dokumen yang harus diurus
Memang sih birokrasi yang rumit dan dokumen-dokumen yang banyak membuat kita malas dan akhirnya mengurus beasiswa diakhir batas pelengkapan. Tapi harusnya kalau memang kita serius dalam memburu beasiswa, kita pun harus serius juga dalam segala hal termasuk melengkapi dokumen-dokumen yang disyaratkan. Kalau kita ogah-ogahan, bagaimana kita bisa lolos beasiswa?

Baca juga: 5 Tips Agar Tetap Konsisten dan Serius Kuliah Sampai Wisuda

4. Kurang memiliki pengalaman organisasi
Cobalah percantik CV dengan pengalaman organisasi karena beberapa beasiswa tak hanya melihat dari segi akademis saja. Bahkan ada beberapa beasiswa yang melihat tentang leadership dan soft skill kita. So, belum terlambat untuk melengkapi itu dan membuat CV yang bagus untuk kelancaran beasiswamu.

5. Gugup saat wawancara
Terakhir, cobalah tetap tenang dan jangan gugup saat wawancara penerimaan beasiswa. Karena sikap percaya diri dan tenang akan membuat peluang beasiswa semakin lebar. Usahakan terlihat percaya diri dan mampu meyakinkan pewawancara.

Namun kalau hasil yang kamu dapat masih belum sesuai harapan, jangan bersedih dan tetaplah semangat karena masih banyak beasiswa lain yang berpeluang untuk kamu dapatkan.

Buat kamu yang berniat mendapatkan beasiswa, pantang banget melakukan 5 hal di atas ya! Kalau kamu gigih dan telaten, tentu saja beasiswa yang kamu impikan akan bisa diraih. Semangat, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star