Hastag Campus

Mau Sukses Tes IELTS? 7 Hal Ini Sebaiknya Kamu Hindari

Selain TOEFL, IELTS (International English Language Testing System) saat ini populer buat kamu yang ingin studi, bekerja, atau tinggal ke luar negeri. Meski harganya mahal, tapi tes ini rasanya gak pernah sepi peminat. Dengan biaya yang gak murah, tentu kamu menginginkan skor tes kamu memenuhi standar minimal yang dipersyaratkan universitas atau tempat kerja kamu.

Nah, agar kamu bisa mendapatkan skor IELTS yang tinggi, simak beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari sebelum tes.

1. Gak cukup latihan
Buat kamu yang terutama belum pernah mengikuti tes IELTS sebelumnya, alokasi waktu yang cukup untuk latihan sangat penting sebelum kamu ‘bertempur’ menghadapi tes sungguhan. Tes IELTS memiliki pola soal ujian yang khas, sehingga latihan bisa membantu kamu untuk lebih familiar dengan pola tersebut.

Bahkan, seseorang yang sudah sangat jago berbahasa Inggris sekalipun harus tetap latihan IELTS sebelum tes, lho! Tentu kamu gak mau kan, harus daftar tes yang harganya mahal ini untuk kesekian kalinya karena di tes sebelumnya kamu gak mempersiapkannya dengan baik?

Jangan dadakan seperti tahu bulat, pastikan kamu sudah benar-benar siap sebelum daftar tes IELTS, ya!

Baca juga: 5 Tips yang Harus Kamu Lakukan Saat Kuliah Biar Cepat Dapat Kerja

2. Jadwal latihan gak sistematis
Dalam sebuah tes IELTS, kamu akan menghadapi empat macam tes yang berbeda, mulai dari listening, reading, speaking, hingga writing. Untuk mencapai skor total yang maksimal, alokasikan waktu belajarmu secara merata di keempat tes tersebut. Tentunya kamu harus pandai-pandai membagi waktu belajarmu, ya!

3. Terlalu banyak membaca teori
Memang, teori itu penting. Tapi, dalam IELTS, kamu sebaiknya mempersiapkan diri dengan lebih banyak latihan. Gak perlu cemas, kini sudah tersedia banyak situs internet yang bisa membantumu latihan IELTS, terutama untuk tes listening dan reading.

4. Berlatih sendirian
Terutama di bagian speaking dan writing, sebaiknya kamu gak berlatih sendirian. Kamu bisa ikut kursus IELTS atau menggandeng temanmu yang juga akan sama-sama tes IELTS. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan mentor yang bisa membimbing atau mengoreksi kesalahanmu terutama di bagian speaking atau writing.

Adanya mentor atau partner belajar juga bisa membuatmu gak patah semangat untuk belatih IELTS. Kalau terpaksa gak ada partner, kamu bisa merekam latihan speaking-mu dengan alat perekam di HP. Dengan begitu, kamu bisa mendengarkannya kembali dan mengoreksi kesalahanmu.

Baca juga: Tertarik Studi Desain Grafis? Ini 5 Referensi PTN Berakreditasi A

5. Terlalu grogi dan gak percaya diri
Gak sedikit orang yang tiba-tiba kehilangan rasa percaya diri ketika menjalani tes IELTS. Rasa takut dengan hasil di bawah target dan harga tes yang mahal sering menjadi alasannya. Padahal, kalau kamu grogi, kamu akan kesulitan untuk mengerjakan tes. Jadi, stay relax aja ya, guys!

6. Terlalu percaya diri
Kalau rasa gak percaya diri bisa berpengaruh negatif buat hasil tesmu, rasa terlalu percaya diri juga berbahaya lho! Misalnya, terlalu pede dengan kosakata bahasa Inggrismu yang sebenarnya biasa-biasa saja. Ketika terlalu percaya diri saat tes berlangsung, kamu juga mungkin jadi kurang teliti dan gak akan mengecek jawaban IELTS-mu sekali lagi.

7. Begadang semalaman dan gak sarapan sebelum tes
Di malam hari sebelum tes, pastikan kamu beristirahat yang cukup. Jangan begadang karena ini bisa memicu rasa kantuk saat tes yang pada akhirnya akan mengganggu konsentrasimu. Pastikan juga kamu sarapan sebelum berangkat ke lokasi tes.

Nah, jadi gimana nih rencanamu mempersiapkan tes IELTS?

Sumber : Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star