Hastag Campus

Dear Mahasiswa, Ini Lho 5 Hal Kecil yang Bikin Skripsimu Cepat ACC

Bagi mahasiswa, perihal skripsi ataupun tugas akhir adalah fase kritis dalam perjalanan menuju sarjana. Tidak adanya pengalaman yang sama saat SMA menjadikan skripsi seperti hal yang menakutkan. Padahal jika ingin skripsimu segera terselesaikan dan disetujui untuk ujian, ada hal-hal kecil yang kadang terabaikan.

Nah, ini dia lima hal kecil yang perlu kamu perhatikan agar skripsimu segera dapat kata ACC dari dosen pembimbing dan bebas dari kegalauan.

1. Patuhi target yang telah dibuat
Pastikan kamu mematuhi jadwal dan target yang telah kamu buat sendiri. Terutama, kapan akan mengajukan proposal penelitian, mengambil data, analisis maupun target lulusnya. Disiplin terhadap jadwal dan target itu sangat penting, tanpa ini kamu tidak punya semangat mengakhiri skripsimu. Jadi coba ditanya dalam hati, sudah ada target belum?

Baca juga: 5 Alasan Self Directed Learning Baik untuk Pengembangan Diri

2. Tulis pendahuluan dan tinjauan pustaka sembari ambil data

Terkadang, hal yang dilalaikan oleh mahasiswa adalah terpaku pada hal yang dikerjakan saja, padahal bisa jadi bisa dilakukan bersamaan. Misalnya saat ambil data, biasanya proses analisis belum dimulai, maka hal terbaik yang perlu dilakukan adalah menulis pendahuluan dan tinjauan pustaka. Jadi gak semuanya dirapel di akhir, guys. Bebanmu di akhir juga lebih ringan daripada harus menulis semuanya setelah penelitian selesai.

3. Minimalisir kesalahan dengan konsultasi ke dosen per bab bahasan
Ada tipe mahasiswa yang menghilang sampai dicari dosennya karena tidak pernah berkonsultasi progres yang telah dijalankan. Sekalinya maju dosen, ternyata prosedurnya salah semua. Nah, kamu gak mau kan itu semua terjadi? Maka yang perlu diintensifkan adalah berkonsultasi setiap bab yang telah dikerjakan. Minimal meminimalisir kesalahan menumpuk, kalaupun salah masih bisa diperbaiki bab per bab, bukan keseluruhan.

Baca juga: 5 Cara Agar Tetap Fokus Kuliah Meskipun Kamu Bekerja

4. Segera kerjakan revisi yang diberikan
Kalau setelah konsultasi ada dari dosen ada masukan, segera dikerjakan. Jangan menunda hingga pertemuan selanjutnya. Trik ini akan membuatmu semakin terpacu untuk cepat menyelesaikan perbaikan skripsimu dan menanti kata ACC. Kalau kamu sering maju bisa jadi dosenmu menilai kamu punya tekad luar biasa untuk segera lulus.

5. Jaga hubungan baik dengan dosen dan teman
Hal ini kadang disepelekan, padahal akan sangat berpengaruh terhadap proses menuju ACC skripsi. Hubungan baik dengan dosen akan membantu memudahkan komunikasi serta menangkap apa yang diinginkan dosen. Sedangkan menjaga pertemanan agar senantiasa damai untuk memastikan bahwa ada kawan seperjuangan yang siap mendukung setiap langkah dan menemani dalam keadaan suka maupun duka.

Nah, semoga lima hal kecil ini bisa menjadi jalan yang memudahkan langkahmu menuju kata ACC, guys. Tetap semangat, skripsi adalah tahap akhir yang tidak akan selesai tanpa tekad dan usaha yang kuat dari mahasiswa serta elemen pendukungnya. Ganbatte ne pejuang wisuda!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star