Hastag Campus

5 Tips Sederhana, Agar Hari-harimu Lebih Produktif

Kita semua, selalu mencoba untuk hidup yang lebih baik, lebih produktif dan lebih teratur. Ingin rajin olahraga, makan sehat, tidur cukup, melakukan hobi, berkebun, dsb. Namun nyatanya, goals-goals tersebut hanyalah wacana.

Padahal, cukup fokus pada 5 Tips di bawah ini, kamu akan lebih mempunyai banyak waktu melakukan hal positif dan produktif untuk hidupmu. Ayo terapkan sekarang!

1. Bangun lebih pagi
Jika kamu bukanlah seorang morning person, tidak harus selalu bangun pukul 5 pagi, kok. Tentukan saja, bangun pagi versimu. Lakukan bangun pagi secara bertahap, tubuhmu akan merespons dan mulai terbiasa.

Saat kamu bangun lebih pagi, kamu tidak akan terburu-buru dan kamu bisa melakukan aktifitas produktif selanjutnya. Kamu bisa memulai dengan menulis afirmasi, membaca, yoga, membersihkan rumah, membuat to do list atau sekedar jalan pagi. Kamu bisa merasakan, udara pagi yang sejuk dan keindahan langit yang belum tercemar polusi.

Baca juga: 5 Alasan Mahasiswa Butuh Skill Membuat Video Explainer

2. Unduh screen time di ponselmu
Di lansir dari jurnal, computerworld.com berjudul Smartphone Make People Distracted And Unproductive, menyebutkan bahwa “Ponsel dapat menyedot perhatian kita, bahkan saat sedang di matikan”. Masih dari jurnal tersebut, di dalam buku berjudul iGEN yang di tulis oleh Jean M. Twenge, mengatakan kaum muda saat ini “Berada di ambang krisis kesehatan mental” di sebabkan oleh smartphone and social networks. Duh, serem banget ya!

Nah, dengan mendownload aplikasi screen time, kamu akan jadi lebih aware dalam waktu penggunaannya. Lalu, berapa jam sih, waktu ideal dalam penggunaan ponsel? Studi University Of OXFORD menyatakan, waktu idealnya berkisar 4 jam 17 menit.

Hayo siapa yang rajin kepoin mantan di media sosial? Siapa yang tiap jam update status? Atau sering scrolling gosip ga jelas. Jangan-jangan itulah salah satu penyebab hari-harimu jadi tidak produktif. Jangan di ulangi lagi ya!

3. Rapikan kamar
Sepele, tapi ini sangat berdampak positif pada kehidupanmu setiap hari, loh! Pastikan tempat tidur dan meja di kamarmu kembali rapi,sebelum kamu melakukan aktifitas lain. Sapu lantai dan kembalikan barang ke tempatnya, kamu hanya akan menghabiskan waktu kurang dari 10 menit saja, kok!

Hal simple ini sangat mempengaruhi moodmu, dan kamu akan lebih produktif dan jauh dari stres!

Baca juga: 5 Tips yang Harus Kamu Lakukan Saat Kuliah Biar Cepat Dapat Kerja

4. Termenung

Terdengar aneh, ya?

Namun termenung, adalah aktifitas, yang layak kamu coba. Di lansir dari laman blog Chroix Sather, menyatakan “Pensive means to reflect deeply or serious thought”, karena saat kita merenung, secara tidak langsung kita sejenak terputus dari rutinitas harian yang sering membuat kita stres dan menguras pikiran. Berhenti sejenak dari semua itu dan diam menikmati secangkir minuman hangat membuat pikiran kita rileks dan kembali jernih. Jauhkan juga buku bacaan dan ponsel, ya! Bebaskan diri kita dari pemikiran-pemikiran orang lain untuk sementara waktu.

Layaknya meditasi, merenung seperti mereset otak kita. Membantu kita untuk lebih produktif, dan mengenal diri kita lebih mendalam.

5. Menulis gratitude journal
Menulis jurnal bersyukur sama penting nya dengan aktifitas yang lain, agar kita terbiasa mengingat dan fokus dengan hal-hal baik, yang terjadi pada hidup kita. Cukup tulis 1 sampai 3 hal sederhana, yang membuat kamu merasa bersyukur dan bahagia di hari itu.

Gratitude jurnal membantu kamu lebih sehat secara mental dan fisik, lebih mudah bahagia, mengurangi stres, dan mampu menumbuhkan rasa empati. Kamu pun akan jauh lebih produktif, karena kamu menjadi terbiasa untuk mengingat hal positif setiap harinya.

Nah, jangan lupa untuk menerapkan ke 5 Tips di atas,ya! Tidak hanya menjadi produktif, tapi kamu juga bisa merubah kepribadian kamu menjadi orang yang lebih baik, yey!

Selamat mencoba!

Sumber : Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star