Hastag Campus

5 Tips Untuk Mahasiswa Baru Biar Cepat Akrab dengan Lingkungan Kampus

Menjadi mahasiswa baru adalah sebuah masa di mana kamu harus mulai belajar untuk mandiri. Karena masa kuliah itu sangat jelas berbeda dengan SMA. Apalagi untuk kalian yang merantau demi kuliah, pasti kemandirian tersebut sangat diperlukan sekali dalam masa-masa ini.

Salah satu kunci agar kamu bisa bertahan dan tetap bisa betah di bangku kuliah adalah dengan mampu beradaptasi dengan baik dilingkungan yang baru. Karena jika kamu bisa beradaptasi, dari mulai teman hingga orang-orang dekat pasti akan mudah kamu dapatkan.

Lalu kira-kira bagaimana cara atau tips agar kamu bisa beradaptasi dengan tempat kuliah baru dengan mudah? Yuk kita simak bersama-sama.

1. Mulailah untuk membuka diri dengan orang-orang yang baru
Hal paling pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka diri dengan orang-orang yang baru. Karena bagaimana kamu bisa mendapatkan teman baru jika kamu saja masih tertutup terhadap orang-orang yang baru? Jadi bagimu yang masih tertutup ada baiknya untuk lebih membuka diri agar bisa mendapatkan banyak teman dan juga bisa nyaman saat kuliah.

Baca juga: 5 Hal Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Bekerja di Luar Negeri

2. Mencari informasi seputar fakultas dan jurusan yang kamu pilih
Selanjutnya kamu juga harus mulai mencari informasi seputar jurusan dan fakultas yang dipilih. Seperti mencari tahu seperti apa lingkungan di sekitar fakultas, seperti apa sistem pembelajarannya dan sebagainya. Karena kamu harus tahu, biasanya setiap fakultas atau jurusan di beberapa universitas akan mempunyai perbedaan, baik dari segi pembelajaran sampai administrasi.

3. Jangan malu bertanya kepada para senior
Kamu suka malu atau mungkin takut saat akan bertanya kepada senior? Jika memang iya, lebih baik buang jauh-jauh sifat ini dari sekarang guys. Pasalnya hal itu hanya akan membuat lingkaran pertemananmu semakin kecil dan semakin sedikit.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya dari mereka, bisa seputar universitas, jurusan atau juga tempat-tempat yang seru untuk dijadikan tempat main sepulang dari kampus.

Baca juga: 5 Cara Agar Tetap Fokus Kuliah Meskipun Kamu Bekerja

4. Mengikuti beberapa organisasi di universitas
Tips yang satu ini biasanya ampuh banget nih. Karena selain bisa mendapatkan pengalaman dan wawasan baru, masuk sebuah organissai di universitas itu mampu banget membuat temanmu semakin banyak.

Ditambah lagi jika UKM atau organisasi tersebut berhubungan banget dengan hobi atau jurusan yang dipilih. Pasti deh kamu gak bakalan nyesel saat ikutan organisasi tersebut.

5. Membuat kelompok belajar
Tidak hanya ikut dalam organisasi di kampus saja, kamu juga bisa membuat kelompok belajar kecil-kecilan. Disana kamu juga bisa mendapatkan wawasan tambahan. Kamu dan beberapa anggota dari kelompok belajar itu bisa bertukar pendapat satu sama lain dan bisa juga saling berbagi ilmu.

Meskipun kalian sama-sama mahasiswa baru itu tidak masalah, justru itu akan menjadi awal dari pertemuan kamu guys.

Itu dia 5 tips yang bisa kamu lakukan agar masa adaptasi di kampus baru terlaksana secara mulus.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star