Hastag Campus

5 Tips Mantap Supaya Strategi Public Speaking Berhasil

Public speaking adalah keterampilan yang sangat penting dikuasai oleh setiap orang. Memiliki kemampuan public speaking juga dianggap dapat membantu meningkatkan karier seseorang. Selain itu, juga banyak sekali manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki kemampuan public speaking.

Manfaat selain bisa meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum atau di depan orang banyak, kemampuan public speaking juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, lho. Nah, bagi kamu yang menginginkan bagaimana public speakingmu berjalan dengan lancar dan berhasil, berikut enam tips yang bisa kamu lakukan

1. Praktik yang berulang adalah kunci utamanya
Tips pertama, kamu perlu terus praktik mengasahnya. Public speaking tentu bukanlah suatu teori yang mudah dilakukan dengan hanya membaca tips dan triknya tetapi, perlu sering praktik di dalamnya agar kamu terus bisa meningkatkan kemampuan berbicara mu.

Orang-orang yang jago dalam public speaking tidaklah secara instan, tentunya ada proses pembelajaran di dalamnya. Jika ada kesempatan berbicara depan umum, ambil lah kesempatan itu dan jadikan sebagai praktik mu dalam public speaking. Praktik dalam public speaking juga bisa mengasah mentalmu. Semakin terbiasa kamu berlatih, semakin kuat mentalmu.

Baca juga: Istilah Gelar Akademis dalam Dunia Kuliah, Gak Hanya Cum Laude lho!

2. Sebelum berbicara depan umum, kamu harus mempersiapkan materi dengan matang
Tips kedua, materi juga sangat perlu dipersiapkan. Materi yang matang dan baik akan menentukan seberapa suksesnya public speaking-mu dan seberapa menariknya kamu di hadapan penonton. Materi yang dibawakan tentu harus berguna bagi orang lain.

Sebelum memulai membuat materi, pahami terlebih dahulu kebutuhan dari penonton dan lihat tema yang akan dibawakan, lalu buat materi yang sesuai dengan tema yang dibawakan dan penonton yang hadir.

3. Kamu perlu mengatur diri agar tenang dan rileks dengan menanamkan prinsip “semua akan baik-baik saja”
Tips ketiga ini sangat krusial. Sebelum memulai berbicara depan umum, kamu perlu mengatur ketenangan dan kamu harus rileks. Jangan terburu-buru dalam berbicara dan jangan berpikiran agar cepat selesai, kamu perlu atur tempo berbicaramu dan atur kapan kamu akan berinteraksi dengan penonton. Pikiran yang tenang dan rileks tentunya akan mengarah pada kelancaran public speaking-mu.

Kamu juga perlu menanamkan “semua akan baik-baik saja” supaya otakmu akan menyesuaikan dengan suasana yang ada dan kamu tidak akan merasa tegang dan grogi. Anggaplah kamu seorang penguasa panggung dan hanya dirimu lah yang bisa mengatur berjalannya presentasi, dengan begitu kamu bisa menikmati prosesnya.

4. Fokus pada penonton jangan berpikiran yang negatif
Tips keempat, pikiranmu perlu fokus pada penonton. Kamu jangan berpikiran negatif, jangan berpikiran minder dan kamu tidak layak berbicara depan umum. Singkirkan pikiran-pikiran seperti itu, sebab bisa menjatuhkan mental mu saat waktu berbicara depan umum.

Fokuslah pada penonton dan materi yang dibawakan. Dengan begitu, kamu akan lupa seberapa grogi yang kamu rasakan sebelumnya dan akan timbul ketenangan dalam pikiran.

Baca juga: Stop Malas, Ini 5 Tips Menumbuhkan Minat Belajar yang Bisa Kamu Coba

5. Berlatih berbicara sebelumnya agar kamu bisa membayangkan dirimu di atas panggung saat berbicara
Tips kelima, ini juga sesuatu yang penting, sobat. Kamu perlu berlatih berbicara dengan membawakan materi contohnya dengan memvideokan dirimu, sehingga kamu bisa evaluasi di mana letak kekuranganmu. Tips ini juga untuk mengurangi rasa grogi dan khawatirmu, lho.

6. Jangan lupa berdoa sebelum berbicara depan umum
Tips terakhir, jangan lupa berdoa sebelum mulai berbicara depan umum. Kesuksesan sebuah public speaking, tentu ada faktor doa di dalamnya. Berdoalah semoga saat kamu berbicara atau presentasi, dihindarkan dari blank dan rasa grogi berlebihan yang bisa menganggu proses berjalannya presentasimu,

Public speaking yang baik memang tidak semudah yang dibayangkan, perlu proses berlatih dan di dalamnya dan tekad keinginan yang kuat. Jangan bosan untuk terus berlatih public speaking mu ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star