Hastag Campus

Tertarik Studi Desain Grafis? Ini 5 Referensi PTN Berakreditasi A

Perkembangan pesat sektor industri di era digital ini membuat kita disuguhi banyak iklan yang berseliweran di internet. Di media sosial terutama, makin banyak iklan yang disajikan dalam bentuk gambar hingga video.

Bahkan gak cuma produk, iklan layanan jasa hingga program pemerintah pun dikemas dengan sangat menarik dan sarat kreativitas. Wah, peluang kerja pembuat iklan dan industri kreatif sepertinya makin terbuka lebar, ya?

Jika kamu berminat menekuni bidang ini, program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) cocok buatmu. Di Indonesia ada 22 kampus dengan prodi DKV yang sudah mengantongi predikat A dari BAN-PT.

Lima di antaranya adalah perguruan tinggi negeri yang tersebar di Jawa dan Bali. Mau tahu daftarnya?

*Daftar di bawah ini bukan berdasarkan peringkat

1. Institut Teknologi Bandung
Prodi Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Bandung lolos akreditasi BAN-PT pada tahun 2017 dengan hasil memuaskan. Prodi ini kembali mengantongi predikat A hingga tahun 2022 mendatang.

Berada di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain, mahasiswa DKV ITB nantinya bisa memilih salah satu di antara tiga peminatan, yaitu Desain Grafis, Multi Media, atau Komunikasi Visual Periklanan.

Baca juga: Gak Cuma Puas, 5 Hal Ini Akan Kamu Rasakan Saat Berhasil Meraih Mimpi

2. Universitas Sebelas Maret
Universitas Sebelas Maret Surakarta juga mengantongi predikat A untuk prodi Desain Komunikasi Visual pada akreditasi BAN-PT tahun 2017. Prodi yang masuk dalam Fakultas Seni Rupa dan Desain ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1979, lho dengan nama awal Studio Grafis.

3. Universitas Negeri Malang
Di tahun yang sama dengan dua kampus sebelumnya, Universitas Negeri Malang juga memperoleh predikat A untuk prodi Desain Komunikasi Visual pada akreditasi BAN-PT tahun 2017. Uniknya, prodi ini berada di bawah Fakultas Sastra Jurusan Seni Rupa dan Desain.

Baca juga: Istilah Gelar Akademis dalam Dunia Kuliah, Gak Hanya Cum Laude lho!

4. Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Ada dua institut seni yang juga mengantongi predikat A untuk prodi Desain Komunikasi Visual, salah satunya adalah Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Prodi DKV berada di bawah Fakultas Seni Rupa.

5. Institut Seni Indonesia Denpasar
Institut Seni Indonesia Denpasar menjadi perguruan tinggi negeri kelima yang mendapat akreditasi A untuk prodi Desain Komunikasi Visual dari BAN-PT. Predikat ini didapatkan pada tahun 2017 dan berlaku hingga 2022 nanti.

Selain lima kampus negeri di atas, ada 17 perguruan tinggi swasta yang memiliki prodi Desain Komunikasi Visual berpredikat A, lho. Jadi makin banyak referensi pilihan kampus, nih.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star