Hastag Campus

5 Tips Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Saat Belajar, Wajib!

Pada saat ini tentu saja zaman akan terus berkembang seiring berjalannya waktu, termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu komponen terpenting dalam menyambut perubahan zaman adalah dengan cara membiasakan diri untuk terus berpikir secara kritis dan sistematis. Unsur seperti itulah yang cukup dibutuhkan di era masa kini. Namun, terkadang di antara kita masih ada yang cukup sulit dalam mengimplementasikan hal tersebut.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana caranya melatih kemampuan berpikir agar lebih kritis, simak yuk apa saja!

1. Keluar dari zona nyaman
Zona nyaman merupakan salah satu hal yang sulit sekali untuk dilepaskan dari kehidupan kita, oleh karena itu lah kita butuh mental yang kuat dan keinginan untuk mencoba keluar dari zona nyaman tersebut dan memulai eksplorasi untuk zona-zona yang tidak terduga. Melalui berbagai pengalaman tersebutlah kita dapat belajar bagaimana caranya untuk berpikir secara kritis agar mampu beradaptasi.

2. Belajar melalui aktivitas langsung
Saat ini masalah yang sering kali kita temui adalah sistem pembelajaran yang teoritis dan membuat kita hanya mendengarkan tanpa berpartisipasi di dalam aktivitas pembelajaran tersebut.

Saat ini kita dapat melatih kemampuan belajar kita dengan cara terjun langsung dalam aktivitas seperti melihat bagaimana lingkungan sosial kita dan memetik poin berharga dari hal-hal tersebut. Hal ini cukup ampuh dalam melatih kemampuan berpikir kritis kita.

3. Diskusi antar grup
Berpikir kritis tidak akan berkembang apabila hanya dilakukan seorang diri, oleh sebab itu cobalah untuk melihat berbagai perspektif baru melalui diskusi antar grup. Kamu akan menemukan banyak hal baru yang menarik dan memancing kemampuan berpikir kritis mu sebaik mungkin melalui diskusi antara grup tersebut.

4. Latihlah kemampuan problem solving
Masalah merupakan salah satu hal yang mampu membantumu dalam berpikir kritis karena melalui masalah tentu saja kamu akan dipaksa untuk menentukan jawaban atas segala pertanyaan. Cobalah untuk melatih kemampuan problem solving atau pemecahan masalah melalui beberapa hal rasional yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis mu.

5. Membaca
Membaca memang cocok dikatakan sebagai jendela ilmu. Berpikir secara kritis memang dapat dilatih dan salah satu melatihnya adalah dengan cara membaca, mengapa dapat menjadi demikian? Ada begitu banyak hal-hal unik yang dapat kita temukan dengan cara membaca, mulai dari setiap permasalahan, isu-isu terbaru, bahkan informasi mengenai suatu hal aktual yang dapat menjadi rangsangan untuk kemampuan berpikir kritis mu.

Nah, lima tips di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin melatih kemampuan berpikir kritis. Bagaimana menurutmu?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star