Hastag Campus

5 Tips Atur Waktu Belajar Menjelang Tes CPNS Bagi Pekerja, Semangat!

Tes CPNS telah di depan mata! Jutaan masyarakat Indonesia akan berebut ratusan ribu kursi yang tersedia di berbagai lembaga dan daerah. Dalam memperebutkan kursi tersebut selain menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan juga harus siap menghadapi soal-soal yang akan diuji nanti. Maka dari itu, bagi yang ingin melamar CPNS harus kembali belajar dan mengingat apa nanti yang akan diuji di sana.

Bagi para pekerja, belajar CPNS harus pintar-pintar mengatur waktu agar tidak mengganggu pekerjaan utama. Memang PNS pekerjaan idaman, tetapi pekerjaanmu sekarang tidak boleh ditinggalkan terlebih lagi dari itu yang bisa menghidupi keluargamu. Kan, sayang kalau itu sempat terbengkalai. Supaya bisa mengatur waktu untuk belajar, yuk ikuti tips ini!

1. Berikanlah sedikitnya satu jam untuk belajar
Dengan menyisakan waktumu satu jam saja, maka kamu turut menghargai waktumu lebih baik. Selama bekerja, satu jam sudah cukup menambah pengetahuanmu. Aturlah waktu yang tepat untuk kembali belajar.

Supaya pelajaranmu lebih cepat terserap, disarankan belajar pada pagi hari. Selain cepat terserap, belajar pagi hari masih bertenaga karena baru bangun tidur. Berbeda dengan malam hari yang sudah lelah bekerja. Tetapi intinya, belajarlah ketika waktu luang dan tidak mengganggu pekerjaanmu.

Baca juga: 5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Kamu Salah Jurusan, Hati-hati!

2. Sebaiknya tidak belajar pada saat bekerja
Pada waktu istirahat, mungkin inilah saatnya belajar. Eits, jangan lagi lakukan hal itu karena pekerjaanmu akan jadi semakin berat. Kamu pun tidak akan fokus pada pekerjaan. Lebih baik, waktu istirahat pekerjaanmu benar-benar digunakan. Untuk belajar sendiri, bisa dilakukan pada saat di rumah ataupun tempat lain di luar jam bekerjamu.

3. Ajak temanmu belajar bersama
Sekali-kali ajaklah temanmu untuk belajar bersama. Dengan adanya teman, kamu lebih bersemangat belajarnya. Selain membantu apa yang kurang tahu atau sebaliknya, dengan adanya teman kamu bisa belajar kecil bagaimana cara menghadapi tes wawancara ketika ujian CPNS nanti.

Tentukan waktu yang tepat untuk belajar bersama. Maksimal, belajar dengan 4 orang teman saja agar benar-benar fokus. Selain itu, kalian juga dapat menjaga tali pertemanan yang sempat putus karena kesibukan masing-masing.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Memberi Pencerahan Saat Bingung Pilih Jurusan Kuliah

4. Jagalah kesehatanmu
Meski meluangkan waktu untuk belajar, kesehatan merupakan hal uang utama. Jika kamu sakit, maka usahamu pun menjadi terbengkalai. Sisakan satu hari untuk me time-mu supaya lebih bersemangat bekerja sekaligus belajar tes CPNS-nya.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan belajar tes CPNS-nya.

5. Jika ingin mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak lagi, ada baiknya mengikuti bimbel tes CPNS
Pada saat musim ujian CPNS, bimbel pun semakin gencar mempromosikan diri membimbing masyarakat agar lolos tes CPNS. Waktunya sendiri disesuaikan dengan jam pulang bekerja sehingga tidak ada alasan untuk belajar.

Dengan belajar di bimbel, kamu tahu trik apa yang tepat mengerjakan soal ujian CPNS itu. Meskipun begitu bukan berarti masyarakat wajib ikut bimbel ini. Asal rajin mengerjakan soal dari buku-buku latihan tes CPNS dan mengikuti tips di atas, kelulusan pun semakin di depan mata.

Itulah lima tips tembus masuk CPNS. Keyakinan dan tekad kuat pastinya menjadikanmu lebih bersemangat bekerja sambil membahas soal ujian CPNS. Semoga hasil kerja kerasmu tidaklah sia-sia dan dapat lolos CPNS suatu saat nanti!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star